Tiga Pasien COVID-19 Dinyatakan Sembuh, Pengumumannya Dilakukan Menkes Terawan

JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto muncul lagi setelah beberapa waktu tak kelihatan menyampaikan perkembangan virus corona atau COVID-19 di Indonesia. Selama ini, yang menyampaikan perkembangan kasus corona adalah Achmad Yurianto, yang ditunjuk jadi juru bicara penanganan COVID-19.

Hari ini, Terawan menyampaikan informasi tentang kesembuhan tiga orang pasien yang positif corona. Konferensi pers ini dilakukan di di RSUP Persahabatan, Jakarta.

"Saya sudah cek kondisinya, ada tiga yang kita nyatakan sembuh baik dari sisi laboratorium maupun dari sisi klinis," kata Terawan, Kamis, 12 Maret.

Melengkapi pernyataan Terawan, Achmad Yurianto mengatakan, tim dokter di rumah sakit tersebut telah memastikan kesembuhan tiga orang ini. Hasilnya, secara klinis, ketiga orang ini sembuh dari virus yang awalnya menyebar di Wuhan, China. 

"Secara laboratorium, dua kali kita melakukan pemeriksaan dan hasilnya negatif. Maka diputuskan bahwa mereka sembuh dan tidak membutuhkan perawatan," ungkap Yuri.

Ketiga orang yang dinyatakan sembuh itu adalah pasien dengan nomor 06 berjenis kelamin laki-laki dengan usia 39 tahun, pasien dengan nomor 14 berjenis kelamin laki-laki dengan usia 50 tahun, dan pasien nomor 19 berjenis kelamin laki-laki dengan usia 49 tahun.

Meski sudah dinyatakan sembuh, pihak rumah sakit memberikan edukasi kepada tiga pasien ini untuk tetap membatasi diri dalam beraktivitas. Selain itu, mereka juga diberikan surat rujuk balik untuk puskesmas sekitar tempat tinggal para pasien.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan juru bicara penanganan COVID-19 Achmad Yurianto di RSUP Persahabatan (Wardhany Tsa Tsia/VOI)

Selain tiga pasien tadi, Yuri menerangkan, sembilan awak kapal pesiar Diamond Princess dari Indonesia yang dirawat di Jepang, juga telah dinyatakan sembuh. Lima orang di antaranya sudah tiba ke Indonesia.

"Sudah kembali ke kita. Dalam waktu singkat akan disusulkan empat orang yang sudah lepas perawatannya tapi masih menunggu ticketing dan ditanggung perusahaannya menuju Jakarta. Harapannya, tiga hari ke depan, sembilan orang ini sudah berada di tanah air," katanya.

Direktur RSUP Persahabatan Rita Rogaya mengatakan, saat ini di rumah sakit tersebut masih merawat 16 pasien, sebanyak 7 di antaranya positif COVID-19, 9 lainnya merupakan pasien dalam perawatan. 

Sementara, di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta, masih ada 9 pasien COVID-19 yang masih dalam perawatan. Dirut RSPI Sulianti Saroso, Mohammad Syahril mengatakan, dari 9 pasien itu, satu orang belum dinyatakan positif.

"Jadi saat ini ada sembilan pasien yang sedang dirawat di RSPI. Yang sudah diumumkan delapan yang positif, yang satu belum diumumkan (statusnya)," kata dia.

Sedangkan, ada 19 pasien positif COVID-19 yang dirawat di luar Jakarta.