Kimera EVO38: Evolusi Sang Legenda yang Lebih Buas

JAKARTA - Kimera Automobili, kreator mobil sport Kimera Evo 37 yang dirilis tahun 2021 sebagai tribut atas Lancia Rally 037 kini meluncurkan kreasi terbarunya, EVO38. 

Sebagai pembaruan model sebelumnya, Kimera menyegarkan mobil sport retro ini dengan tenaga yang lebih besar, sistem penggerak semua roda yang standar, dan penyegaran gaya yang halus.

Berbeda dengan 037 yang dilengkapi penggerak roda belakang, EVO38 menyalurkan tenaga ke keempat roda melalui sistem penggerak canggih yang terdiri dari kunci diferensial elektro-hidrolik. Mirip dengan sistem yang ditemukan pada mobil WRC sebelumnya, pengemudi dapat mengkalibrasi diferensial dari kabin, memungkinkan mereka menyesuaikan pengalaman berkendara sesuai keinginan mereka.

Dilansir dari CarBuzz, 23 Februari, dengan bermain-main dengan pembagian traksi antara as roda depan dan belakang, mobil dapat diatur untuk berbagai situasi. Misalnya, saat di jalan berbelok-belok yang sempit dan lembap, tenaga dapat didistribusikan secara merata.

Pabrikan Italia ini juga telah memperbaiki suspensi, memasang peredam kejut bermotor dan sistem baru untuk mencegah goresan pada bemper bawah. Peredam kejut depan adalah item modern dan konvensional. Namun, di bagian belakang, dapat menemukan tata letak yang sama seperti sebelumnya: peredam kejut yang diposisikan secara terpusat dengan pegas sisi ganda - fitur khas mobil reli Group B yang spektakuler dari tahun 1980-an.

Di bawah kap mesin, ada peningkatan juga. Mesin 2.1 liter, empat silinder turbocharged dan supercharged kini menghasilkan 600 hp peningkatan 100 hp dari EVO37. Angka torsi berada di 580 Nm, di mana 400 Nm tersedia pada 2.000 rpm.

Peningkatan ini telah dicapai melalui berbagai peningkatan, termasuk turbocharger yang lebih besar, katup, camshaft, dan pegas baru, serta katup blow-off yang dikendalikan secara elektronik. Sebagai pilihan, Kimera dapat menyediakan knalpot khusus untuk suara yang lebih besar, tetapi tidak ada peningkatan tenaga yang tercatat.

Mobil ini juga dilengkapi transmisi manual enam kecepatan dengan rasio lebih pendek dari di EVO37 sehingga model terbaru ini lebih cocok untuk digunakan di jalan campuran dan bukan sirkuit. Sementara konsumen yang ingin berbeda, dapat dilengkapi dengan transmisi sekuensial yang digerakkan secara elektrik.

Untuk kestabilan mobil, Kimera menjaga bobot mobil sekitar 1 ton, yang hampir sama dengan RWD EVO37 sehingga tenaganya setara Ferrari Roma serta Mazda MX-5 Miata.

Mobil ini akan diproduksi terbatas sebanyak 37 unit dan harga per unitnya tidak disebutkan. Sebagai perbandingan, harga dasar 037 yang dirilis pada tahun 2021, sebelum pajak adalah 540.000 euro setara Rp9,1 miliar kurs saat ini.