Mengenal Rudy Hartono Sang Legenda All England Dari Indonesia
Mengenal Rudy Hartono - Rudy Hartono (Sumber: allenglandbadminton.com)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Mengenal Rudi Hartono Kurniawan, atau kerap kali disapa Rudi Hartono, merupakan salah satu pemain legendaris Indonesia yang menjadi idola dan pandangan baru banyak orang. Rudi dilahirkan di Kota Surabaya pada tanggal 18 Agustus 1949. Adapun prestasi-prestasi yang diraih oleh Rudi Hartono, yakni:

Mengenal Rudy Hartono dan Sederet Fakta Tentangnya

Memenangkan All England Sebanyak Delapan Kali

Rudi Hartono mengawali karirnya di bidang bulu tangkis pada tahun 1965 dengan bergabung di Pemusatan Latihan Nasional (PELATNAS). Rudi menjadi bintang bagi generasi badminton setelahnya. Prestasi spektakuler Rudi yakni dengan keberhasilannya menjadi champion pada All England sebanyak delapan kali. 

Dia sukses membikin masyarakat dunia kaget dengan kemenangan pertamanya di arena All England yang pada waktu itu dia masih berusia 18 tahun. Berikutnya, Rudi menjadi pemenang bertahan All England mulai dari 1969 sampai 1974. Kemenangan Rudi ini adalah sebuah kemenangan yang spektakuler sebab dia menjadi atlet badminton dengan gelar pemenang All England terbanyak di dunia.

Rudy Hartono beraksi di All England (Sumber: allenglandbadminton.com)
Rudy Hartono beraksi di All England (Sumber: allenglandbadminton.com)

Nama Diabadikan di Guiness Book of World Records

Seperti yang dibahas pada nilai sebelumnya, kemenangan Rudi sampai delapan kali pada kejuaraan badminton dunia All England yakni sebuah kemenangan yang legendaris. 

Jumlah kemenangan yang dia dapatkan yaitu jumlah terbanyak pertama sehingga tidak heran kalau namanya sukses diabadikan dalam Guinness Book of Records dengan prestasinya sebagai atlet badminton dengan kejuaraan edisi All England terbanyak.

Pernah Berkuliah di Universitas Airlangga

Meski sudah menjuarai persaingan bergengsi di bidang olahraga badminton, Rudi Hartono dikenal konsisten mempunyai motivasi belajar yang tinggi. Kabarnya, Rudi Hartono dikenal pernah mengenyam pendidikan di Fakultas Kedokteran, Universitas Airlangga saat dia berusia 21 tahun. 

Hal ini dia lakukan sebab pada masa itu karier sebagai atlet badminton tak menjanjikan seperti pada masa sekarang. Oleh karena itu, dia mencapai pendidikan di Fakultas Kedokteran sebagai back up untuk karirnya.

Pernah Bermain Film

Seusai kemenangannya di beragam arena badminton, nama Rudi Hartono kian masyhur di kalangan masyarakat. Hal inilah yang akibatnya membawanya untuk bermain peran di film berjudul Matinja Seorang Bidadari. 

Film yang dirilis pada tahun 1971 ini adalah film pertama dan terakhir bagi Rudi Hartono. Rudi Hartono dikenal tidak mau untuk mengambil peran di film lagi sebab tak ingin berurusan dengan kontroversi-kontroversi yang dibuat di masyarakat.

Jadi setelah mengetahui mengenal Rudy Hartono, ayam, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!