Laporan Twilio Ungkap Peran Penting Platform Data Pelanggan dalam Pemanfaatan AI

JAKARTA - Laporan terbaru yang dirilis oleh Twilio Segment menunjukkan adanya peningkatan jumlah perusahaan yang mengintegrasikan platform data pelanggan (customer data platform atau CDP) dengan AI dan analitik. 

Bukan tanpa alasan, integrasi ini dilakukan sebagai bagian dari upaya perusahaan untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih terpersonalisasi dan mendorong pertumbuhan bisnis mereka. 

Karena, di tengah meluasnya pengadopsian AI, Twilio melihat dunia bisnis kini berjibaku menghadapi peningkatan volume data yang luar biasa.

Peningkatan ini menunjukkan adanya tren yang lebih besar menuju operasi yang lebih canggih dan berpusat pada data, dengan penekanan pada peran penting pemrosesan data secara real-time dan integrasi teknologi AI secara mulus ke dalam sistem yang sudah ada. 

Kemampuan untuk memanfaatkan wawasan data dengan cepat melalui CDP yang terbuka dan dapat dioperasikan bersama data warehouse ini akan memungkinkan bisnis mengumpulkan, menyatukan, dan mengaktifkan data secara efisien di berbagai platform. 

Sehingga, memiliki kapabilitas lintas operasi dengan data warehouse menjadi kunci untuk memastikan CDP dapat berperan sebagai teknologi utama perusahaan yang ingin memanfaatkan AI dan data untuk menjalin hubungan yang lebih kuat dengan para pelanggannya. 

"Di tahun 2024, akan semakin banyak brand yang beralih ke AI untuk menghadirkan pengalaman yang lebih baik dan kian personal bagi para pelanggannya,” ujar Kathryn Murphy, SVP Product dan Design di Twilio dalam pernyataannya, dikutip Jumat, 23 Februari.