Toyota Umumkan Tiga Besar Toyota Rangga Concept Digital Modification Contest

JAKARTA - PT Toyota-Astra Motor (TAM) bersama NMAA (National Modificator and Aftermarket Association) sebelumnya membuka kesempatan bagi masyarakat luas untuk mengembangkan berbagai ide konversi terbaru pada kendaraan komersial Toyota Hilux Rangga, guna menghasilkan lebih banyak inspirasi yang dapat memenuhi kebutuhan usaha dan gaya hidup pelanggan.

Kali ini, Toyota mengumumkan Top 3 Pemenang Kontes Modifikasi Digital Toyota Rangga Concept (Digimodz). Di tahap final, para finalis membuat model skala 1:1 untuk sepenuhnya menggambarkan hasil desain konversi saat diterapkan pada versi produksi massal.

Peserta dari pembuat bodi melakukan modifikasi pada Hilux Rangga Cab & Chassis secara mandiri, sementara peserta perorangan bermitra dengan modifikator berpengalaman di bidang otomotif. Setelah melewati proses penjurian ketat oleh para juri yang kompeten di bidang otomotif, akhirnya terpilih 3 besar Toyota Rangga Concept Digimodz:

  • Juara Desain: Albertus Whitney (CV. Delima Mandiri) – Campervan (Gaya Hidup)
  • Runner Up Desain: Agus Sulistya Budi (DSP Styling) – Ditpolsatwa (Pelayanan Publik)
  • Peringkat Ketiga Desain: Dhandy Mustika – Pengangkut Ayam (Usaha)
  • Juara Modifikasi: CV. Delima Mandiri – Campervan (Gaya Hidup)
  • Runner Up Modifikasi: DSP Styling – Ditpolsatwa (Pelayanan Publik)
  • Peringkat Ketiga Modifikasi: Akasia Motor – Pengangkut Ayam (Usaha)

"Melalui visi 'To Contribute More to Society', PT Toyota-Astra Motor (TAM) berharap masyarakat ikut berkontribusi dalam pengembangan Toyota Hilux Rangga dengan menciptakan desain konversi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan yang semakin khusus dan beragam. Toyota mengucapkan terima kasih atas antusiasme besar masyarakat dalam mengikuti kontes ini dan mengapresiasi karya desain para peserta yang melampaui harapan kami," ujar Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, dalam keterangan resminya, Rabu, 21 Februari.

Toyota Kijang Pick Up sukses menarik minat masyarakat dengan melibatkan karoseri lokal dalam pengembangannya. Terinspirasi oleh langkah inovatif dalam pengembangan kendaraan ikonik ini, perusahaan juga memperluas cakupan kolaborasi dengan melibatkan masyarakat luas dalam merancang desain kendaraan niaga serbaguna Toyota Hilux Rangga.

Seperti yang diketahui, dengan berkolaborasi dengan NMAA, Toyota menyelenggarakan kontes desain digital Toyota Hilux Rangga atau Toyota Rangga Concept saat masih berupa mobil konsep yang disebut Digital Modification Contest (Digimodz) pada bulan Agustus 2023. Kontes desain virtual dengan tema Bisnis x Pelayanan Publik x Gaya Hidup ini mengajak masyarakat untuk berpartisipasi guna menghasilkan ide desain segar, modern, terkini, dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Peserta, yang terdiri dari masyarakat umum dan perwakilan pembuat bodi, mengirimkan desain virtual berdasarkan 3 tema pilihan, yaitu Bisnis untuk mendukung aktivitas usaha pelanggan, Pelayanan Publik untuk memberikan layanan kepada masyarakat, dan Gaya Hidup untuk mendukung gaya hidup pemiliknya. Setiap tema menuntut kendaraan komersial yang fungsional dan serbaguna, dengan mobilitas dan daya tahan tinggi, serta menarik dan atraktif.

"Selamat kepada para pemenang Kontes Modifikasi Digital Toyota Rangga Concept (Digimodz) yang merupakan kontes desain kendaraan komersial pertama di Indonesia. Semoga desain para pemenang dapat diaplikasikan dalam produksi massal nantinya dan menginspirasi terciptanya lebih banyak lagi desain konversi yang sesuai dengan kebutuhan usaha dan gaya hidup pelanggan,” ucap Anton Jimmi Suwandy.

Ia juga menyatakan dengan terpilihnya Top 3 Toyota Rangga Concept DigiModz, Toyota berharap dapat membuka kesempatan yang lebih luas lagi untuk berkolaborasi dengan semua pihak, baik pembuat bodi maupun masyarakat umum, dalam menciptakan usaha-usaha baru atau ide-ide kreatif lainnya yang dapat memberikan banyak manfaat dan dampak positif bagi kemajuan ekonomi Indonesia.