Napoli Pecat Walter Mazzarri setelah Hanya Tiga Bulan Bertugas

JAKARTA - Napoli resmi memecat Manajer Walter Mazzarri yang cuma menangani tim selama tiga bulan. Kursi kosong itu akan diisi Francesco Calzona hingga akhir musim Serie A 2023/2024.

Rapor buruk Mazzarri menjadi penyebab I Partenopei harus membuat keputusan tegas.

Mantan Manajer Watford itu hanya meraih enam kemenangan dalam 17 pertandingan dengan status sebagai juara bertahan Serie A. Saat ini, Napoli malah terlempar dari papan atas klasemen.

Mereka duduk di urutan kesembilan klasemen setelah hasil seri 1-1 di kandang melawan Genoa pada pekan ke-24 Serie A 2023/2024, Sabtu, 17 Februari 2024.

Napoli baru mengoleksi 36 poin dan berselisih sembilan angka dari tim terakhir zona turnamen Eropa.

Sementara itu, Calzona akan menukangi Napoli hingga akhir musim ini. Status pelatih asal Italia itu tidak tetap alias sementara waktu mengingat I Partenopei memberi kebebasan untuk jabatan ganda.

Sebagaimana diketahui, Calzona merupakan pelatih Timnas Slovakia saat ini. Dia diizinkan mengarsiteki dua tim.

Slovakia saat ini tengah menjalani persiapan untuk tampil pada Euro 2024 di Jerman.

Menariknya, Calzona menjadi pelatih kepala ketiga Napoli musim ini. Sebelumnya, Partenopei sempat ditangani Rudi Garcia sebelum digantikan Mazzarri pada November 2023.

Nasib Garcia pun setali tiga uang dengan Mazzarri. Pelatih asal Perancis itu hanya bertahan dalam 16 pertandingan selepas menggantikan Luciano Spalletti yang sudah mengantarkan Napoli scudetto pada musim 2022/2023.

Gelar Serie A 2022/2023 itu merupakan scudetto pertama Napoli dalam 33 tahun terakhir.