Hasil BATC 2024: Ditekuk Thailand 3-1, Indonesia Gagal ke Final

JAKARTA – Tim bulu tangkis putri Indonesia gagal mencapai final Badminton Asia Team Championship (BATC) 2024 setelah ditekuk Thailand.

Indonesia harus mengakui keunggulan tim lawan dengan skor 1-3 di Setia City Convention Center, Selangor, Malaysia, Sabtu, 17 Februari 2024 siang WIB.

Tiket final gagal didapat Indonesia setelah ganda putri Amalia Cahaya Pratiwi/Rachel Allessya Rose yang turun di partai keempat kalah dua gim langsung 22-24 dan 14-21 melawan Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard.

"Jalannya pertandingan pada gim pertama memang bisa berjalan ketat. Sampai terjadi setting. Sayang peluang bisa menang itu gagal kami dapatkan. Cuma di gim kedua lawan sudah mengantisipasi," kata Amalia.

Dalam laga ini, Indonesia terlebih dahulu kehilangan dua poin setelah Putri Kusuma Wardani dan ganda putri Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto kalah di dua partai awal.

Indonesia lalu sukses memperkecil kedudukan menjadi 1-2 pada pertandingan ketiga. Satu-satunya poin buat tim Merah Putih itu didapat oleh tunggal putri Ester Nurumi Tri Wardoyo.

Rachel mengatakan bahwa mereka kalah karena sering melakukan kesalahan sendiri. Di sisi lain, lawan bermain menekan dengan begitu konsisten.

"Tetap bersyukur walaupun hasilnya kami kalah. Kami sebenarnya juga tidak mau kalah. Kekalahan ini lebih banyak karena lawan bermain lebih baik dan juga lebih berpengalaman. Mentalnya lebih bagus dibanding kami. Banyak pelajaran yang bisa didapatkan dari sini," kata dia.

Tim putri adalah juara bertahan di ajang ini. Untuk itu, kekalahan ini membuat tim putri gagal mempertahankan gelar mereka.

Sebelumnya, Indonesia sudah kehilangan sektor putra. Tim putra sendiri gagal mencapai babak semifinal setelah takluk melawan China di perempat final.