TikTok Perluas Perlawanan Terhadap Berita Palsu dan Operasi Pengaruh Tersembunyi di Eropa Jelang Pemilu Parlemen

JAKARTA - Platform media sosial TikTok yang dimiliki oleh ByteDance mengumumkan pada Rabu 14 Februari, bahwa mereka akan meningkatkan perlawanan terhadap berita palsu dan operasi pengaruh tersembunyi menjelang pemilihan Parlemen Eropa pada bulan Juni dengan meluncurkan aplikasi berbahasa lokal di semua 27 negara.

TikTok mengatakan pusat pemilihan bahasa lokal "election centres" individu memperluas pekerjaan yang pertama kali mereka mulai pada tahun 2021, yang dipercepat tahun lalu ketika Yunani, Belanda, Polandia, Slovakia, dan Spanyol mengadakan pemilihan.

Aplikasi ini dirancang untuk memberi informasi yang lebih baik kepada warga Eropa tentang proses pemilihan.

Pemerintah dan politisi di seluruh dunia prihatin tentang penyebaran informasi yang salah dan penggunaan deepfake yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan untuk mempengaruhi pemilihan, terutama peran platform media sosial.

Sebanyak 30% dari anggota parlemen Uni Eropa menggunakan TikTok, kata perusahaan tersebut.

"Bulan depan, kami akan meluncurkan Pusat Pemilihan berbahasa lokal di dalam aplikasi untuk masing-masing dari 27 negara anggota UE untuk memastikan orang dapat dengan mudah memisahkan fakta dari fiksi," kata Kevin Morgan, kepala kepercayaan & keselamatan EMEA TikTok, dalam sebuah posting blog.

"Bekerja sama dengan komisi pemilihan lokal dan organisasi masyarakat sipil, Pusat Pemilihan ini akan menjadi tempat di mana komunitas kami dapat menemukan informasi yang dapat dipercaya dan berwibawa," katanya.

Perusahaan tersebut bekerja dengan pengecekan berita untuk memproduksi video edukasi tentang proses pemilihan dan informasi yang salah melalui pusat pemilihan selama pemilu nasional di tahun-tahun sebelumnya.

Morgan mengatakan TikTok, yang saat ini bekerja dengan sembilan organisasi pemeriksa fakta di Eropa, berencana untuk memperluas jaringan pemeriksaan fakta dan meluncurkan sembilan kampanye literasi media tambahan tahun ini.

Mereka akan memperkenalkan laporan operasi pengaruh tersembunyi yang didedikasikan dalam beberapa bulan mendatang untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas.