Viral Foto Agak Lain di Surat Suara, Komeng: Ditertawakan KPU Jabar

JAKARTA - Komedian Komeng menjadi perbincangan pada saat pemilu karena fotonya di surat suara Anggota Dewan Daerah atau DPD Jabar dianggap agak lain dibandingkan calon-calon lainnya.

Terlihat Komeng menggunakan kemeja berwarna biru dan memasang wajah yang seakan terkejut. Dalam sebuah kesempatan, Komeng menceritakan kalau foto diambil olehnya dengan cara swafoto.

Uniknya, ia melakukan itu secara spontan di depan rumah ketika ingin pergi sambil memanaskan mobilnya.

"Itu juga bikinnya (ketika) mau pergi, (foto) di depan rumah. Iya, foto sendiri, itu selfie itu, cekrek-cekrek, sudah, jalan, sambil panasin mobil," kata Komeng kepada awak media, Rabu, 14 Februari.

Komeng (Foto: X/wirashalci)

Pemilik nama asli Alfiansyah Komeng pada awaljya diminta untuk memberikan foto sebagai keperluan administrasi saat masih sebagai calon sementara (DCS).

Komeng menjelaskan kalau pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar menyarankan ia menggunakan pakai baju daerah atau menggunakan properti yang menunjukkan ciri khas masing-masing calon.

"Foto buat surat suara belum. Setelah ditetapkan, baru minta foto buat surat suara. Kalau KPU Jabar, menyarankan pakai baju daerah, boleh juga pakai yang membuat khas diri masing-masing, menurut mereka," ujar Komeng.

Ketika ia membawa foto tersebut ke pihak KPU Jabar, ia malah ditertawakan oleh mereka karena dianggap 'nyeleneh'. Untungnya pihak KPU Jabar mengizinkannya untuk melakukan hal tersebut.

"Saya bawa foto itu. Nah, dia (KPU Jabar) ketawa. Saya bilang, 'ini gue melanggar enggak nih? Salah enggak?', 'enggak sih pak, enggak ada peraturannya kayak begini. Ya sudah, kalau abang begini, enggak masalah', katanya begitu," jelasnya.

Komeng membantah kalau ini menjadi salah satu cara ia agar bisa menarik banyak suara ketika pemilu. Ia hanya ingin melakukan sesuatu yang memang ia suka dan berbeda dari yang lain.

"Tujuan ke situ sih enggak ada. Memang saya pada dasarnya, kalau konsep ngelawak saja suka. Pengin sesuatu yang baru," pungkasnya.