Profil Alfiansyah Bustami, Komedian Komeng yang Bikin Kejutan di Pileg 2024
Komeng (Instagram @indradewi2242)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sosok Alfiansyah Bustami atau akrab disapa Komeng sedang disorot setelah foto kocaknya di kertas suara DPD Jawa Barat viral di media sosial.

Gara-gara foto kocaknya itu, perolehan suara Komeng melesat jauh. Nah, dalam artikel kali ini akan dibahas profil Alfiansyah Komeng.

Perlu diketahui, berdasarkan real count KPU, Komeng sudah mengantongi 719.394 atau 10,45 persen per Jumat 16 Februari 2024 pukul 13.00 WIB. Angka tersebut diprediksi masih akan terus bertambah.

Perolehan suara pemilu untuk DPD di dapil Jabar yang diraih Komeng tak lepas dari foto kocaknya di surat suara.

Komeng menggunakan foto dengan mata melotot seperti ekspresi terkejut. Foto ini tidak lazim digunaka untuk surat suara karena caleg umumnya menggunakan foto formal.

Menyadur Antara, menurut Komeng foto tersebut dipilih karena pihak KPU menyarankan foto yang menggunakan pakaian ciri khas masing-masing dan tampil berbeda. Sebelumnya, Komeng sudah diizinkan oleh KPU terkait foto tersebut.

Masyrakat yang melihat fotonya di surat suara DPD banyak yang merasa terhibur dengan foto pilihan Komeng, bahkan hal tersebut menjadikan orang-orang terfokus pada foto Komeng di surat suara dan memilihnya.

Komeng sendiri menyatakan bahwa dirinya serius mencalonkan diri sebagai caleg DPD. Salah satu misi yang ingin diwujudkan adalah mewujudkan aspirasi seniman Tanah Air.

Profil Alfiansyah Komeng

Profil Alfiansyah Bustami Komeng merupakan komedian senior kelahiran Jakarta 25 Agustus 1970.

Komeng dikenal sebagai komedian bersuara khas. Ia adalah anggota dari grup lawak bernama Diamor. Kariernya di dunia komedi dimulai bersama grup tersebut melalui serial televisi Kompor Diamor pada 1993 hingga 1996.

Pada 24 September 1999, Komeng menikah dengan Aprilia Indra Dewi. Mereka dikaruniai tiga anak kembar bernama Bagus Athallah Aldi, Ganteng Martiza Aldi, dan Cantika Alhayu Aldi.

Sebelum menjadi Komedian, Komeng sempat berkuliah di Akademi Bisnis Indonesia. Namun, ia tidak merampungkan studinya.

Selama duduk di bangku kuliah, Komeng sempat menjadi anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) pada 1990. Akan tetapi, karena kesibukannya di dunia hiburan, Komeng kemudian berpindah-pindah kampus sebanyak tiga kali.

Komeng berhasil mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tribuana Bekasi. Gelar terserbut diraih setelah mempertahankan skripsinya dihadapan penguji dengan tajuk Pengaruh Disiplin dan Pemberdayaan terhadap Profesionalisme Anggota Persatuan Seniman Komedi Indonesia Jawa Barat.

Komeng juga berulangkali tampil pada program komedi, seperti:

  • Kompor Diamor (1991).
  • Opera Diamor (1991-1995).
  • Akal-akalan (1996).
  • Otak-otak Kuda (1996).
  • Maliobiro (1996).
  • Putri Duyung (2001-2002)
  • Lola & Liliput (2002 & 2003)
  • Spontan (1995-2004).
  • Gokil (sekarang), dan masih banyak lainnya.

Selain itu, komedian yang terkenal dengan jargon ‘Spontan…Uhuyy’ ini juga pernah menjadi penyiar radio di SK Jakarta sejak 1993 hingga 1996 dan Bens Radio Jakarta pada 1996.

Pada 2023, Komeng memutuskan untuk terjun ke dunia politik. Ia maju sebagai calon anggota DPD RI melalui dapil Jawa Barat pada Pemilu 2024. Dan secara mengejutkan, suara yang diraih Komeng melesat jauh, meninggalkan 52 caleg lainnya. Ia konsisten berada di posisi pertama dengan lebih dari 700 ribu suara.

Demikian informasi tentang profil Alfiansyah Komeng. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.