Cara Menyalakan Mode Split Screen di Windows 10

JAKARTA – Split Screen merupakan fitur yang cukup penting untuk digunakan. Dengan memakai fitur ini, pengguna bisa menampilkan beberapa jendela sekaligus tanpa perlu berpindah aplikasi.

Fitur ini tidak hanya muncul di perangkat seluler, tetapi juga perangkat komputer dengan tenaga Windows 10. Ada dua cara bisa dilakukan untuk mengaktifkan mode Split Screen, yaitu secara manual atau dengan pintasan keyboard.

Cara pertama adalah dengan menggunakan mouse atau touchpad. Mengutip dari Makeuseof, Anda harus memiliki setidaknya dua jendela yang aktif, lalu buka salah satu jendelanya. Setelah itu, perkecil ukuran jendela aplikasinya.

Jika sudah, pindahkan jendela ke sisi kanan atau kiri layar hingga tampilan kursor menghilang. Secara otomatis, jendela akan ditempatkan di sebagian tampilan layar. Selanjutnya, fitur Snap Assist akan menampilkan rekomendasi jendela di sisi yang kosong.

 

Fitur ini akan memperlihatkan aplikasi yang sudah terbuka. Setelah rekomendasi jendela diklik, jendela tersebut akan langsung mengisi ruangan kosong yang tersisa. Jika Anda ingin menampilkan empat jendela, lakukan hal yang sama, tetapi arahkan jendela ke sudut layar.

Berikutnya, Anda bisa menggunakan keyboard untuk mempercepat mode Split Screen. Sebelum menyalakan fiturnya, pastikan beberapa aplikasi sudah terbuka. Setelah itu, buka jendela yang diinginkan dan tekan tombol Windows + Panah Kiri/Kanan.

Setelah jendela pertamanya telah dipilih, Snap Assist akan menyarankan aplikasi berikutnya yang ingin ditampilkan. Anda bisa memilih jendela yang diinginkan dengan menekan tombol Panah di keyboard, lalu klik Enter untuk mengonfirmasi jendela.