Pertanyaan Untuk Wawancara yang Harus disiapkan Oleh HRD

YOGYAKARTA - Sesi wawancara dengan calon karyawan baru ialah salah satu langkah yang sangat berarti dalam proses rekrutmen. Oleh sebab itu, penting untuk HRD buat mempunyai pemahaman yang mendalam tentang teknik interview yang efisien supaya bisa mendapatkan karyawan terbaik. Lantas seperti apa pertanyaan untuk wawancara yang sesuai itu?

Seperti yang telah kalian tahu, terdapat beberapa tahapan yang wajib dilalui calon kandidat dalam proses rekrutmen, mulai dari screening CV, cover letter, validasi, tes, sampai wawancara kerja.

Biasanya, sesi wawancara kerja dilakukan oleh perusahaan dengan tujuan buat mengevaluasi kualitas serta kepribadian calon karyawan.

Pertanyaannya, bagaimana sepatutnya strategi pelaksanaan wawancara dengan calon karyawan yang dianggap baik? Ayo, ikuti cara interview calon karyawan yang efektif di bawah ini!

Pertanyaan Untuk Wawancara

1. Pencapaian Terbaik yang Pernah Diraih

Persoalan ini bukan hanya buat mengenali prestasi apa yang telah sukses diraih oleh calon karyawan. Tetapi, pernyataan ini diajukan kepada kandidat demi mengidentifikasi tujuan serta fokus dari kehidupan dan karirnya.

Tidak cuma itu, pertanyaan ini pula bakal menolong kalian buat mengenali calon karyawan. Berdasarkan jawabannya, perekrut dapat mengetahui seberapa jauh serta mendalam calon karyawan mengenali diri sendiri.

2. Lingkungan kerja yang Diinginkan

Minta calon karyawan buat mendeskripsikan suasana serta lingkungan kerja yang mereka mau. Setelah itu, kalian dapat jelaskan mengenai lingkungan kerja seperti apa yang ada di perusahaanmu.

Setelahnya, kalian dapat tanyakan kembali kepada kandidat, apakah mereka menggemari lingkungan kerja yang telah kalian jelaskan barusan ataupun tidak. Bersumber pada jawaban tersebut, kalian dapat memperhitungkan apakah karyawan tersebut sesuai dengan gaya bekerja dan kultur perusahaan ataupun tidak.

3. Hubungan Dengan Atasan

Berikutnya, kalian dapat bertanya hubungan serta interaksi seperti apa yang diharapkan calon karyawan dengan atasan. Persoalan buat interview karyawan baru ini dapat dikatakan selaku salah satu pertanyaan yang sangat kerap dilontarkan.

Persoalan ini dilontarkan guna mengenali karakter calon karyawan pada saat bekerja nantinya. Apakah pelamar merupakan sosok mandiri serta independen, ataupun malah seseorang yang senantiasa memerlukan arahan kerja.

4. Kontribusi Buat Perusahaan

Kalian tidak perlu ragu buat memberikan pertanyaan menantang kepada calon karyawan. Tantang karyawan untuk “memasarkan” dirinya sendiri serta menguraikan kontribusi apa yang dapat diberikan kepada perusahaan.

Persoalan ini bukan cuma memperhitungkan kualifikasi calon karyawan, melainkan pula melihat apakah karyawan cukup tahu mengenai perusahaan yang lagi dilamar.

5. Motivasi Melamar Kerja

Satu lagi contoh pertanyaan interview paling umum yang kerap diberikan, yaitu pertanyaan mengenai motivasi kerja. Perihal ini bertujuan buat memperhitungkan kualifikasi serta kesiapan calon karyawan, sekaligus membuktikan profesionalitas dan etos kerja.

Tidak hanya itu, jawaban dari pertanyaan ini bakal memberikan gambaran apakah calon karyawan sesuai dengan posisi yang dilamar ataupun malah cuma iseng saja mengirimkan lamaran kerja.

6. Jalan Keluar Dalam Masalah

Terakhir, kalian dapat tanyakan bagaimana cara mereka buat memperoleh jalan keluar dari suatu permasalahan. Persoalan ini pula bakal menampilkan keahlian serta kualifikasi calon karyawan buat posisi yang dilamar.

Apabila calon karyawan tidak sanggup memberikan jawaban memuaskan, maka bisa jadi dia tidak cukup berkualifikasi buat posisi tersebut.

Apa yang Wajib Ditanyakan saat Interview Karyawan?

Saat melaksanakan wawancara dengan calon karyawan, ada bermacam pertanyaan yang bisa menolong kalian menggali informasi penting buat mengevaluasi kesesuaian serta kualifikasi mereka.

Berikut beberapa contoh pertanyaan yang bisa kalian pertimbangkan:

Tentang Pengalaman Kerja:

  • Bisakah Kamu ceritakan tentang pengalaman kerja sebelumnya yang paling relevan dengan posisi ini?
  • Apa yang Kamu pelajari dari pekerjaan sebelumnya?

Kemampuan serta Kualifikasi:

  • Apa yang membuat Kamu merasa sesuai buat pekerjaan ini berdasarkan kualifikasi Kamu?
  • Bisakah Kamu menarangkan keahlian yang Kamu miliki yang bakal berguna buat tim ataupun perusahaan kami?

Motivasi serta Antusiasme:

  • Apa yang menarik Kamu buat bergabung dengan perusahaan kami?
  • Apa aspek dari posisi ini yang sangat menarik untuk Kamu?

Pemecahan Masalah:

Bisakah Kamu memberikan contoh konkret tentang situasi di mana Kamu mengalami permasalahan di tempat kerja serta bagaimana Kamu mengatasinya?

Kerjasama serta Kepemimpinan:

  • Bagaimana Kamu berkontribusi dalam kerja tim? Bisakah Kamu berikan contoh?
  • Bila Kamu dalam posisi kepemimpinan sebelumnya, bagaimana Kamu menginspirasi serta memotivasi anggota tim?

Adaptasi serta Perubahan:

  • Bagaimana Kamu menghadapi perubahan yang cepat ataupun perubahan rencana di tempat kerja?
  • Bisakah Kamu beri contoh bagaimana Kamu menyesuaikan diri dalam lingkungan kerja yang dinamis?

Keahlian Teknis:

  • Apa tipe perangkat lunak ataupun tools yang Kamu kuasai yang relevan buat posisi ini?
  • Dapatkah Kamu menunjukkan pengalaman Kamu dalam mengelola proyek serupa sebelumnya?

Tujuan Karir:

  • Bagaimana Kamu melihat perkembangan karir Kamu dalam 5 tahun ke depan?
  • Apa yang Kamu harapkan dari perusahaan kami dalam menggapai tujuan karir Kamu?

Pertanyaan Tambahan:

  • Apakah ada pertanyaan ataupun informasi lain yang mau Kamu sampaikan kepada kami?
  • Apakah ada hal lain dari pengalaman ataupun latar belakang Kamu yang belum kita diskusikan?

Selain itu kalian juga bisa peroleh refrensi “Menjawab Interview Kerja yang Baik” agar bisa menilai seperti apa karyawan yang diinginkan perusahaan kalian.

Jadi setelah mengetahui pertanyaan untuk wawancara, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!