Google Perluas Kemampuan Reading Mode di Gmail dan Media Sosial

 JAKARTA – Reading Mode, aplikasi aksesibilitas yang dirancang untuk penyandang tunanetra dan disleksia, semakin dikembangkan. Kini, Google menambahkan kemampuan tersebut di aplikasi Gmail.

Berdasarkan temuan pengguna platform X Artem Russakovskii, dikutip dari 9to5google, Reading Mode sudah bisa digunakan di Gmail. Fitur ini bisa digunakan untuk menampilkan bacaan yang disederhanakan dan kemampuan text-to-speech.

Namun, tidak semua email bisa dibaca oleh fitur tersebut. Reading Mode juga bisa digunakan di aplikasi media sosial seperti Threads atau X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter, tetapi kemampuan text-to-speech belum bekerja secara maksimal.

Saat Reading Mode diaktifkan di email atau aplikasi media sosial, Google akan memberikan peringatan yang bertuliskan, “Reading Mode mungkin tidak berfungsi dengan baik dengan media sosial atau aplikasi email.”

Beberapa waktu lalu, Google mengatakan bahwa Reading Mode tidak mendukung file PDF, email, pesan obrolan, dan feed media sosial. Meski ada perubahan di email dan media sosial, fitur ini masih tidak berfungsi di PDF dan pesan.

Kekurangan Reading Mode ini cukup masuk akal karena pembaruan terakhir aplikasi diluncurkan pada November tahun lalu. Menurut 9to5google, kemampuan text-to-speech di email dan media sosial merupakan tambahan dari sisi server.

Jika Anda ingin menggunakan kemampuan Reading Mode untuk membaca berbagai konten, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi di Google Play Store. Setelah aplikasi terunduh, pastikan untuk mengaktifkan mode pintasan dari Reading Mode.

Perlu diingat bahwa Reading Mode lebih berguna untuk membaca konten yang panjang seperti teks berparagraf, artikel, atau tampilan teks lainnya. Jika pengguna mengaktifkan fitur Reading Mode untuk membaca teks singkat, fitur ini tidak akan bekerja.