Susul Fiesta, Ford Edge Dihentikan Produksinya April Mendatang

JAKARTA - Satu lagi model yang akan menemui senja kala di industri otomotif. Ford mengumumkan bahwa model Edge, salah satu lini SUV akan dihentikan produksinya pada akhir April tahun ini.

Dilansir dari Carscoops, Rabu, 31 Januari, ketua dari pabrik Oakville yang membangun model ini, Marc Brennan, mengatakan bahwa unit terakhir dari mobil tersebut akan dirakit pada tanggal 26 April mendatang.

Mobil ini mendulang kesuksesan sejak diluncurkan pada North American International Auto Show 2006, serta berhasil menjual sebanyak 130.125 unit di AS selama tahun pertama produksinya dan diikuti raihan tahun seterusnya berjumlah tidak jauh berbeda.

Namun penjualannya mengalami penurunan karena dampak dari pandemi Covid-19 serta Ford mulai mengalihkan fokusnya ke elektrifikasi. Belum dipastikan apakah pabrik Oakville akan beralih sepenuhnya menjadi pusat perakitan kendaraan listrik, meskipun ini masih dalam pembahasan.

Hal ini telah dilakukan selama beberapa waktu ketika Ford dan Unifor mencapai kesepakatan untuk menyelamatkan pabrik ini pada tahun 2020. Unifor merupakan serikat pekerja di Kanada yang didirikan pada tahun 2013 sebagai penggabungan dari kumpulan pekerja otomotif dan komunikasi, energi, dan dokumen.

Sebelumnya, Presiden Unifor National, Jerry Dias, mengatakan perjanjian mengalihkan pabrik ini merakit kendaraan listrik sepenuhnya akan membuat Ford menginvestasikan sebesar 1,95 miliar dolar Kanada atau sekitar Rp22,9 triliun untuk membangun lima EV di pabrik ini.

Unit pertama dijadwalkan akan meluncur pada tahun 2025 dan terakhir akan diproduksi sekitar tahun 2028 mendatang.

Kemudian, ini diikuti oleh Ford yang mengumumkan rencana mengubah fasilitas tersebut menjadi Oakville Electric Vehicle Complex pada tahun lalu. Produsen mobil tersebut mengungkapkan bahwa mereka akan mulai membangun kembali dan meningkatkan fasilitas tersebut pada kuartal kedua tahun 2024 sebagai bagian dari upaya mereka untuk mempersiapkan produksi kendaraan listrik generasi berikutnya yang dimulai pada tahun 2025.

Fasilitas tersebut merupakan proyek yang besar dengan memakan lahan seluas 487 hektar yang ditata ulang dan disederhanakan. Selain bodi, cat, dan bangunan perakitan, akan ada pabrik baterai baru seluas 407.000 kaki persegi, yang akan menggunakan komponen yang bersumber dari BlueOval SK Battery Park di Kentucky, AS.

Kembali ke Ford Edge, model ini akan menyusul kendaraan lainnya yang telah dihentikan produksinya, yaitu Fiesta. Alasan utama perusahaan menghentikan hatchback ikonik ini demi memberi ruang bagi model elektrifikasi, seperti Explorer EV, untuk dijual di Eropa.