Gogoro Luncurkan Smartscooter Unggulan Baru Bernama Pulse, Intip Spesifikasinya

JAKARTA - Gogoro Inc, pemimpin teknologi global dalam ekosistem pertukaran baterai yang memungkinkan solusi mobilitas berkelanjutan untuk perkotaan, resmi meluncurkan Smartscooter andalan barunya yaitu Pulse.  

Motor satu ini diklaim sebagai bukti komitmen berkelanjutan Gogoro terhadap kinerja, inovasi, dan desain serta menetapkan standar baru mengenai apa yang diharapkan pelanggan dari Smartscooter berperforma tinggi yang canggih.

"Gogoro telah dikenal luas atas kontribusinya terhadap transformasi industri roda dua perkotaan dengan integrasi inovasi, kinerja, dan desain mutakhir yang menciptakan pengalaman pengguna listrik baru yang cerdas,” kata Horace Luke, pendiri dan CEO Gogoro, dalam keterangan resminya, Rabu, 31 Januari. 

Lebih lanjut ia mengatakan, Pulse memperkenalkan pengalaman berkendara Gogoro yang baru, dan mengasyikkan yang memanfaatkan inovasi terbaru dari perusahaan, serta efisiensi aerodinamis dengan pencahayaan canggih dan pengalaman pengguna interaktif yang mendalam. 

Selain itu motor satu ini juga dilengkapi dengan teknologi dari Qualcomm, untuk memberikan solusi cerdas kendaraan roda dua dan mendorong transportasi perkotaan. 

"Kami sangat antusias melihat fungsi SoC Snapdragon Digital Chassis QWM2290 kami digunakan pada Smartscooter andalan terbaru Gogoro,” kata Laxmi Rayapudi, Wakil Presiden, Manajemen Produk, Qualcomm Technologies, Inc. 

Laxmi berharap Qualcomm dapat terus bekerja sama dengan Gogoro, untuk mengeksplorasi lebih jauh aplikasi yang disematkan, sebab SoC Snapdragon Digital Chassis QWM2290 hadir untuk layanan digital yang aman dan kaya, serta membangun pilar inovasi tambahan untuk industri mobilitas mikro. 

Desain

Terinspirasi oleh visi masa depan, Gogoro mulai mendesain ulang Smartscooter berkinerja tinggi dan canggih yang menghasilkan Pulse. Pulse hadir dengan desain aerodinamis canggih, powertrain baru berkekuatan 9kw yang dirancang Gogoro. 

Powertrain

Bicara powertrain, Pulse ditenagai oleh Hyper Drive baru dari Gogoro yang dirancang untuk meningkatkan kinerja sekaligus mengurangi konsumsi energi. Inti dari Hyper Drive adalah motor H1 berperforma tinggi baru dari Gogoro, pembangkit listrik yang didesain ulang sepenuhnya, dan Hypercore, sistem pintar bertenaga yang menghadirkan kontrol traksi canggih bersama dengan torsi 378 nm di roda belakang.  

Selain itu, Hyper Drive Gogoro juga mengintegrasikan sistem pendingin ganda air dan udara hybrid baru. Hyper Drive memungkinkan Pulse mencapai tingkat kinerja baru. Powertrain hyperdrive, Pulse mencapai 0-50 km/jam dalam 3,05 detik.

Fitur

Pulse menggunakan sistem pencahayaan matriks aktif canggih baru dari Gogoro dengan 13 unit LED independen untuk menciptakan tingkat keselamatan, kesadaran, dan kenyamanan baru. Susunan unit LED paralel membentuk lampu depan dengan rangkaian matriks pertama di industri roda dua perkotaan. Masing-masing dari 13 unit LED individual aktif menyala untuk beradaptasi dengan kecepatan pengendara, belokan, dan bahkan kondisi cuaca. Saat kecepatan Pulse meningkat, lampu matriks aktif secara dinamis memperluas cahaya untuk memberikan lebih banyak visibilitas dan waktu bagi pengendara untuk bereaksi dengan tepat. Selain itu, dengan pencahayaan sudut aktif, Pulse menyediakan pita cahaya lebih luas yang diarahkan ke setiap belokan.

Smart Cockpit 

Pulse dilengkapi dengan dasbor Smart Cockpit baru dari Gogoro yang mencakup layar sentuh HD panorama 10,25 inci, yang luar biasa dimana terintegrasi dengan antarmuka pengguna iQ Touch HD Gogoro, yang memberikan pengalaman interaktif yang imersif dan mudah digunakan yang menjadikan pengendara memegang kendali. iQ Touch HD menawarkan berbagai fitur dan layanan baru termasuk mode berkendara yang berbeda, navigasi belokan demi belokan dengan informasi lalu lintas waktu nyata, dan lokasi Gogoro GoStation. Dengan iQ Touch HD, pengendara dapat memilih salah satu dari enam mode berkendara yang memberikan pengendaraan optimal untuk Range, Dirt, City, Touring, Track atau Custom.  

Ketersediaan

Belum ada informasi detail terkait harga, namun Pulse diperkirakan akan mulai dikirimkan di Taiwan pada akhir Q2 2024.