Jelang Rilis Album Self-titled, Ihsahn Lempar Single The Distance Between Us

JAKARTA - Pentolan band black metal Emperor, Ihsahn, akan merilis album self-titled barunya pada 16 Februari 2024 melalui Candlelight.

Visioner metal progresif asal Norwegia ini dengan berani mendorong ranah ekspresionisme kreatifnya lebih jauh lagi dengan persembahan album studio kedelapannya.

Rilisan ini akan mencakup dua versi album yang saling terkait secara melodi: satu metal, satu sepenuhnya simfoni, keduanya menciptakan mahakarya yang dipengaruhi sinematik yang secara sederhana dan pasti diberi judul "Ihsahn".

Menjelang tanggal perilisannya, Ihsahn membagikan single ketiga dari album tersebut, "The Distance Between Us", yang memperkenalkan kita pada sisi rilisan yang lebih melankolis dan luas.

Lagu ini disertai video klip yang menghantui, kelanjutan dari alur cerita konseptual yang tersebar dalam single sebelumnya, "Pilgrimage To Oblivion" dan "Twice Born", semuanya difilmkan oleh Shaun Hodson di Loki Films.

"Dua single pertama diambil dari awal narasi konseptual, menghasilkan keangkuhan dan tekad yang dibutuhkan. Dengan single terakhir ini, kita semakin mendekati akhir cerita dan karenanya baik musik maupun lirik mengekspresikan perspektif yang lebih reflektif dan melankolis," Ihsahn mengomentari lagu barunya.

Meskipun perjalanan musiknya sering kali bersifat terbuka, kontrol ritme dan gerakan luar biasa yang ditampilkan di sepanjang album "Ihsahn" menunjukkan karyanya sebagai penulis lagu dan komposer dalam kondisi paling fokus dan percaya diri.

Sebuah usaha besar dan yang Ihsahn akui sebagai salah satu proyek paling rumit yang pernah dia lakukan, adalah sebuah lubang kelinci labirin rancangannya sendiri, skala ambisinya segera terlihat.

Sepenuhnya diproduksi dan dicetak sendiri selama tiga tahun, album versi metal di-mixing oleh Jens Bogren, sementara versi orkestra di-mixing oleh Joel Dollié dan kedua versi tersebut di-mastering oleh Tony Lindgren.

Ihsahn dengan bebas mengakui bahwa proses tersebut mendorongnya hingga batas kemampuannya. Sederhananya, ini dimulai dengan piano.

>