Penting Diketahui! Ini Waktu yang Tepat untuk Mandi Supaya Tidur Berkualitas

JAKARTA – Pukul berapa Anda mandi, ternyata berpengaruh pada kualitas tidur. Berdasarkan studi, direkomendasikan waktu yang tepat kapan Anda mandi.

Mengguyur tubuh dengan air hangat atau berendam sejenak berguna untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Studi kolaborasi yang meneliti tentang hubungan waktu mandi dan kualitas tidur dilakukan oleh UT Health Science di Houston dan University of Southern California.

Dilansir dari Woman&Home, Selasa, 23 Februari, penelitian ini meninjau 5.322 studi yang menghubungkan pemanasan tubuh pasif berbasis air, atau dikenal dengan aktivitas mandi dengan air hangat, dan kualitas tidur yang lebih baik.

Dari studi tersebut ditemukan bahwa waktu yang tepat untuk mandi adalah 90 menit sebelum jam tidur Anda. Misalnya, Anda tidur pukul 22.00 maka waktu mandi Anda 20.30 agar mendapatkan tidur nyenyak.

Kabar baiknya lagi, mandi dengan jeda satu setengah jam sebelum tidur dapat membuat Anda tidur lebih cepat selama 10 menit. Menurut studi ini, suhu mandi optiman untuk meningkatkan tidur yang berkualitas antara 40-42 derajat Celcius.

Menurut para peneliti, siklus suhu tubuh memengaruhi siklus tidur lebih efisien. Dengan mandi di pancuran air hangat, sistem termoregulasi tubuh terstimulus.

Efeknya lewat sirkulasi darah dari inti internal tubuh menuju perifer tangan dan kaki sehingga menghasilkan pembuangan panas tubuh lebih efisien. Dengan begitu suhu tubuh akan menurun.

Penelitian juga menyinggung perihal sistem sirkadian pada tubuh. Sirkadian alami mampu membuka peluang Anda dapat tidur lebih depat dengan kualitas yang lebih baik.

Artinya, bagi Anda yang sering kesusahan tidur atau mengalami insomnia, dapat rileks sejenak di kamar mandi dan membasuh tubuh dengan air hangat.

Studi sebelumnya, yang dilakukan oleh peneliti di University of Freiburg, Jerman, mengamati dampak mandi air hangat. Mereka meneliti pada 45 orang yang mengalami depresi dan membagi dalam dua kelompok.

Kelompok pertama diminta rutin mandi sore dengan air hangat. Sedangkan kelompok kedua diminta latihan aerobic selama 40-45 menit dua kali seminggu.

Selama delapan minggu menjalani treatment tersebut, skor klinis depresi kelompok yang mandi air hangat menurun hingga enam poin dan kelompok lainnya lebih rendah tiga poin.

Studi lainnya dilakukan oleh psikolog Neil Morris yang meneliti sebanyak 80 orang, menurut mereka mandi air hangat dapat menurunkan perasaan tertekan dan pikiran pesimis.

Pada akhirnya, aktivitas mandi air hangat dapat membuat tubuh nyaman dan rileks. Pukul berapa Anda biasanya mandi pada petang hari? Sesuaikan rekomendasi berdasarkan studi di atas agar mendapatkan tidur yang nyenyak dan lebih bugar keesokan harinya.