Model Terbaru Zeekr 001 Diperkirakan Meluncur Kuartal Pertama 2024 Ini

JAKARTA - Zeekr 001 dipastikan akan mendapatkan facelift setelah diumumkan resmi oleh Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi Tiongkok (MIIT), dan tersedia dalam versi motor tunggal serta ganda. 

Mengutip Carnewschina, Senin, 22 Januari, mobil entry level ini akan dibanderol 50.000 yuan atau kisaran Rp544 jutaan, jika dibandingkan dengan versi sekarang harganya menyentuh 300.000 yuan (Rp653 jutaan) dan tanggal peluncurannya diperkirakan pada kuartal pertama tahun ini untuk pasar China. 

Seperti diketahui beberapa kali model entry facelift satu ini beberapa kali tertangkap kamera, dimana tampilan secara keseluruhan tidak ada perubahan drastis. Misalnya lampu depan yang masih menggunakan split di kedua sisi kap mesin. Kelompok lampu sorot tinggi dan rendah disusun dalam matriks dan dihubungkan oleh panel dekoratif hitam di bagian tengah. 

Namun perubahan terjadi pada sistem bantuan, dimana sistem bantuan mengemudi ditingkatkan. Selain itu, lidar opsional berdesain menara pengawas ditambahkan ke atap depan sementara bagian belakang dilengkapi dengan kamera, ditambah dengan lidar jarak jauh dan chip Orin X ganda.

Soal dimensi, Zeekr 001 baru lebih panjang 7 mm dari model saat ini, dengan dimensi panjang 4.977 mm, lebar 1.999 dan tinggi 1545 mm, dengan jarak sumbu roda 3005 mm. Fitur lainnya termasuk gagang pintu tersembunyi dan bodi dua warna baru. 

Powertrainnya juga diperkirakan akan mengalami peningkatan besar termasuk arsitektur tegangan tinggi 800V yang sama dengan Zeekr 001 FR. Versi motor tunggal akan ditenagai oleh motor listrik 310 kW dan paket baterai lithium ternary. Kecepatan tertingginya akan mencapai 240 km/jam. Versi motor ganda akan dibekali motor listrik depan dan belakang dengan daya maksimum masing-masing 270 kW dan 310 kW, dan paket baterai litium besi fosfat. Kedua paket baterai dipasok oleh CATL-Geely, platform manufaktur dan layanan baterai EV yang didirikan bersama oleh CATL dan Zeekr.

Untuk bagian interiornya sebagian besar tidak berubah, kokpitnya berwarna krem ​​​​dan dilengkapi dengan panel instrumen berbentuk busur, roda kemudi dengan tombol palang tiga, dan layar kendali pusat beresolusi. Selanjutnya, sistem operasi Zeekr OS pada mobil ini akan ditenagai chip Qualcomm Snapdragon 8295.