Bagikan:

JAKARTA - Memperluas kehadiran di pasar Internasional, Zeekr anak perusahaan kendaraan listrik premium (EV) Geely Holding Group, akan memasuki pasar Singapura pada tahun 2024.

Dikutip dari laman CNevpost, Sabtu, 30 Desember, dealer ritel merek Audi yaitu Premium Automobiles ditunjuk sebagai distributor merek tersebut, dan kesepakatan telah ditandatangani, menurut laporan di The Straits Times Singapura.

Berdasarkan laporan tersebut, Showroom Zeekr di Singapura akan selesai dibangun di kawasan Jalan Leng Kee pada paruh pertama tahun 2024, dan hanya menjadi fasilitas sendiri (tidak digunakan bersama dengan kendaraan Audi).

Rencananya, jenama asal China ini akan meluncurkan dua model sekaligus untuk pasar Singapura, pertama ada Multi-Purpose Vehicle (MVP) Zeekr 009 dan Sport Utility Vehicle (SUV) Zeekr X, dan pengiriman akan dimulai pada kuartal ketiga tahun 2024.

Tak hanya Singapura, Hong Kong dan Makau akan menjadi wilayah pertama dimana kendaraan setir kanan Zeekr akan tersedia. Artinya tak menutup kemungkinan akan merambah pasar lain, seperti Thailand.

Seperti diketahui, sebelumnya Zeekr juga sudah menargetkan Eropa untuk menjadi destinasi Internasional selanjutnya. Dimana pada bulan April 2023 perusahaan mulai memamerkan model kendaraannya, dengan Belanda dan Swedia menjadi dua negara pertama. Sementara itu pada 11 Desember 2023 perusahaan mengirimkan Zeekr 001 versi Eropa pertama di Belanda.

Sebagai tambahan informasi, Zeekr didirikan pada tahun 2021 dan model pertamanya, Zeekr 001, diluncurkan pada 15 April 2021, dengan pengiriman dimulai pada Oktober 2021 di pasar dalam negerinya (China).

Selanjutnya, Zeekr 009 model keduaperusahaan, mulai dijual pada 1 November 2022, dan pengirimannya dimulai pada 15 Januari. Pada 12 April 2023, Zeekr meluncurkan model ketiganya, Zeekr X, dan pengirimannya dimulai pada 12 Juni di tahun yang sama.