Bagikan:

JAKARTA - Seiring perkembangan teknologi, berbagai pabrikan terus berinovasi dalam pengembangan baterai mobil listrik, menjadikannya semakin praktis dan mampu mengisi daya dengan cepat.

Zeekr, merek kendaraan listrik asal China, kini menjadi salah satu yang terdepan dengan meluncurkan akumulator lithium iron phosphate (LFP) inovatif yang dikembangkan secara internal dan dianggap sangat aman.

Dalam sebuah video singkat di laman YouTube, terlihat bahwa baterai tersebut disimpan pada suhu -45 derajat Celsius selama delapan jam dan ditempatkan di dalam api dengan suhu mencapai 1.000 derajat Celsius. Setelah melalui uji tahanan ekstrem tersebut, baterai tersebut dipasang kembali ke mobil dan masih berfungsi dengan baik.

Zeekr mengklaim bahwa Golden Brick adalah baterai LFP yang diproduksi secara massal pertama di dunia, dengan pemanfaatan volume lebih dari 80 persen dan produksi massal telah dimulai.

Keunggulan Golden Brick tidak hanya pada keamanan, tetapi juga dalam hal pengisian daya. Baterai ini memiliki daya puncak pengisian 500 kW, dengan kemampuan mengisi daya 500 km dari 10 hingga 80 persen hanya dalam waktu 15 menit. Bahkan pada suhu -10 derajat Celsius, kecepatan pengisian otomatis meningkat sebesar 25 persen.

Bagian luar baterai dilapisi dengan film insulasi berwarna emas tahan tegangan tinggi hingga 4000 V, meningkatkan resistansi sebesar 27 persen. Seluruh paketnya juga tahan air, mencapai level IPX 8.

Zeekr berencana untuk menyematkan baterai Golden Brick ini pada sedan Zeekr 007, yang dijadwalkan akan diluncurkan pada akhir tahun ini. Inovasi ini menjadikan Zeekr sebagai pemimpin dalam adopsi teknologi baterai yang canggih dan andal di dunia mobil listrik.