Zeekr Perluas Pasar di Asia Tenggara, Indonesia?
Zeekr 001. (Dok. zeekr.eu)

Bagikan:

JAKARTA - Merek kendaraan listrik premium dari China, Zeekr berniat untuk memperluas pasar penjualan dengan membuka pabrik operasional pertamanya di Asia Tenggara (ASEAN), tepatnya di Thailand.

Dilansir dari Paultan, Senin, 18 Maret, perusahaan di bawah naungan Geely Automobile Holdings Ltd tersebut akan bekerja sama dengan pihak distributor untuk menjual EV pada paruh pertama tahun ini, kata juru bicara merek.

Selain Thailand, pabrikan mengatakan telah menandatangani kontrak dengan sejumlah distributor lokal di wilayah ASEAN, mencakup Laos, Myanmar, serta Filipina dan diperkirakan penjualan pada pasar tersebut baru dimulai kuartal kedua tahun 2024.

Rencana ekspansi Zeekr di ASEAN memperkuat laporan sebelumnya ketika mereka mengumumkan sedang mengembangkan kendaraan setir kanan dengan harapan memulai pengiriman sejumlah mobil ke pelanggan pada tahun ini. Dengan demikian, ini membuka peluang bagi merek untuk memperluas pasarnya ke beberapa negara berkembang, seperti Malaysia dan Indonesia. Namun, Zeekr belum mau mengungkap rencana ini secara terbuka.

Seperti diketahui, Zeekr juga sudah menargetkan Eropa untuk menjadi destinasi Internasional selanjutnya. Pada April tahun lalu, perusahaan mulai memamerkan model kendaraannya di Belanda dan Swedia. Sementara itu pada 11 Desember 2023 perusahaan mengirimkan Zeekr 001 versi Eropa pertama di Belanda.

Sebagai tambahan informasi, Zeekr didirikan pada tahun 2021 dan model pertamanya, Zeekr 001, diluncurkan pada 15 April 2021, dengan pengiriman dimulai pada Oktober 2021 dalam pasar lokal di China.

Terkait