BMW Seri-5 Raih Predikat Mobil dengan Keselamatan Tertinggi dari Tiga Lembaga Independen

JAKARTA - BMW dikenal bukan hanya unggul dalam teknologi dan performa, tetapi juga dalam aspek keselamatan pada setiap kendaraan yang diproduksinya. Baru-baru ini, model Seri-5 dan i5 dari BMW memperoleh standar keselamatan tertinggi dari beberapa lembaga independen di Eropa, Amerika Serikat (AS), dan Korea Selatan, masing-masing memberikan nilai lima bintang, yang merupakan nilai tertinggi, pada sedan tersebut.

Dilansir dari rilis resmi BMW Group, Sabtu, 20 Januari, Euro NCAP, lembaga keselamatan kendaraan independen di Eropa, memberikan nilai lima bintang pada Seri-5 generasi kedelapan. Para pakar dari Euro NCAP menilai bahwa perlengkapan standar pada sedan tersebut memiliki kualitas yang sangat baik. Selain itu, sistem bantuan pengemudi pada Seri-5 dianggap sebagai salah satu yang terbaik dan memberikan respons yang handal.

Menurut data dari Euro NCAP, Seri-5 mendapatkan nilai 89 persen untuk keselamatan orang dewasa, 85 persen untuk keselamatan anak-anak, 86 persen untuk keselamatan pengguna jalan lain, dan 78 persen untuk Safety Assist.

Di AS, lembaga Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) memberikan predikat 'Top Safety Pick+' atau yang penilaian terbaik pada BMW Seri-5. Mobil ini memperoleh penilaian 'Good', yang merupakan nilai tertinggi, dalam uji tabrakan termasuk bagian depan tumpang tindih kecil pada sisi pengemudi dan penumpang, serta uji tabrakan samping yang ditingkatkan.

Dalam hal penghindaran dan mitigasi kecelakaan, sistem pencahayaan lampu depan Seri-5 mendapatkan predikat 'Good'. Sistem standar seperti pencegahan tabrakan depan ke pejalan kaki di siang dan malam hari juga mendapatkan penilaian 'Superior', yang merupakan rating tertinggi.

Lembaga Korean NCAP memberikan penilaian 99,5 persen untuk pencegahan tabrakan depan ke pejalan kaki di siang hari, 87,5 persen untuk keamanan pejalan kaki eksternal, dan 82 persen untuk keamanan pencegahan kecelakaan. Secara keseluruhan, Seri-5 layak mendapatkan predikat lima bintang menurut Korean NCAP.

Selain itu, Kementerian Transportasi Korea Selatan memberikan penghargaan kepada model i5, versi EV dari Seri-5, sebagai 'Safest Car of the Year'.

"Peringkat tertinggi KNCAP menggarisbawahi proses pengembangan kami yang berfokus pada keselamatan dan membuktikan komitmen BMW Group terhadap peningkatan keselamatan kendaraan secara berkelanjutan," kata Dominik Schuster, Head of Vehicle Safety BMW Group.