Penanganan Pertama Kaki Keseleo: Lakukan 4 Hal ini untuk Mengurangi Gejalanya

YOGYAKARTA – Keseleo atau kaki terkilir merupakan cedera yang umum terjadi ketika seseorang melakukan aktivitas olahraga. Kaki keseleo umumnya dapat membaik dengan sendirinya. Meskipun begitu, Anda tetap perlu melakukan penangan pertama kaki keseleo agar gejala yang muncul tidak mengganggu aktivitas.

Nah, dalam artikel kali ini VOI telah merangkum sejumlah informasi tentang pertolongan pertama kaki keseleo. Akan tetapi, sebelum itu Anda perlu tahu apa saja gejala kaki keselo. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Gejala Kaki Keseleo

Dikutip dari AI-Care, Sabtu, 20 Januari 2024, berikut beberapa gejala kaki keselo atau terkilir yang perlu Anda ketahui:

  • Sendi tampak kemerahan: Gejala kaki keselo yang pertama adalah sendi tampak kemerahan ketimbang kulit disekitarnya. Ini terjadi karena ada peradangan di dalam sendi, sehingga pembuluh darah di jaringan sekitar sendi melebar. Gejala ini dapat timbul sesaat setelah pergelangan kaki terkilir, akan tetapi biasanya menghilang dalam beberapa hari meskipun cedera masih berlangsung.
  • Muncul rasa nyeri: ini adalah gejala yang paling umum ketika kaki keseleo. Rasa nyeri ini akan bertahan dalam waktu yang cukup lama, terlebih saat menggerakkan pergelangan kaki yang terkilir.
  • Muncul peradangan di area sendi: peradangan di area sendi disebabkan oleh tekanan yang berlebihan pada pergelangan kaki. Peradangan atau bengkak umumnya dapat membaik dalam beberapa hari, namun bila bengkak tidak juga membaik, Anda perlu mewaspadai adanya kemungkinan lain seperti patah tulang atau sendi bergeser.
  • Tersa sensasi hangat di pergelangan kaki yang cedera: Adanya peradangan bagi bagian pergelangan kaki yang keseleo memuculkan sensasi hangat ketika diraba. Gejala ini tidak spesifik, tetapi bila hangat yang dirasakan akibat adanya demam, maka Anda patut mencurigai kemugkinan lain dan wajib memeriksakan diri ke dokter.
  • Penurunan fungsi sendi pergelangan kaki: gejala kaki keseleo yang lainnya adalah adanya penurunan fungsi sendi pada pergelangan kaki. Hal ini disebabkan oleh rasa nyeri atau bengkak.

Penanganan Pertama Kaki Keseleo

Telah disingging di atas bahwa kaki keseleo atau terkilir umumnya bisa membaik tanpa perlu ada perawatan khusus. Kendati demikian, kondisi ini bisa membuat Anda tidak nyaman.

Nah, untuk meredakan gejala kaki keseleo, Anda bisa melakukan pertolongan pertama di rumah.

Berikut penanganan pertama kaki keseleo yang bisa Anda lakukan:

  • Mengistirahatkan sendi pergelangan kaki yang cedera: istirahatkan sendi kaki yang mengalami cedera selama 24-48 jam untuk mencegah cedera lebih lanjut dan mengurangi nyeri yang berlebihan. Menggerakkan bagian tubuh yang cedera bisa memperburuk kerusakan jaringan dan dapat menganggu proses penyembuhan.
  • Kompres dingin: penanganan pertama kaki keselo yang berikutnya adalah memberikan kompres dingin pada bagian yang terasa sakit. Kompres dingin selama 15-20 menit setiap empat jam sekali dapat membantu mengurangi keluhan yang dirasakan, sebab dapat menurunkan proses peradangan di dalam jaringan.
  • Membalut bagian kaki yang keseleo: membalut bagian kaki yang keseleo dengan perban bisa mencegah pembengkakan. Gunakan perban yang elastis serta jangan membalut terlalu ketat, karena dapat menghambat aliran darah ke bagian yang cedera.
  • Posisikan bagian tubuh yang cedera lebih tinggi dari jantung: penanganan kaki keseleo yang satu ini dilakukan ketika Anda sedang tidur. Cara melakukannya sangat mudah, cukup letakkan bantal di bawah telapak kaki, hingga posisinya lebih tinggi dari jantung. Langkah ini dapat menurunkan nyeri dan bengkak.

Sebagai informasi tambahan, penanganan pertama kaki keseleo mungkin dapat disertai dengan obat-obatan pereda nyeri dan anti-radang. Akan tetapi, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan obat yang sesuai.

Demikian informasi tentang penanganan pertama kaki keseleo. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.