Google Luncurkan Dropdown Berbagi di Google Docs dan Google Drive

JAKARTA – Google menambahkan fitur dropdown Berbagi untuk mempercepat pembagian dokumen. Fitur ini telah diluncurkan di Google Docs, Spreadsheet, Slide, dan Drawings pada 12 Januari.

Seperti yang dijelaskan oleh Google dalam rilis resmi, fitur Berbagi akan menampilkan tindakan cepat. Ketika dropdown tersebut diketuk, opsi Salin Tautan dan permintaan akses yang tertunda akan terlihat di layar.

Sebenarnya, seluruh aplikasi berbasis website di Google Workspace telah memiliki fitur Berbagi. Namun, fitur ini tidak didesain sebagai menu dropdown. Ketika diklik, pengguna akan melihat pop-up yang lebih rumit saat ingin membagikan file.

Meski tidak dijelaskan oleh Google, kemungkinan besar dropdown Berbagi yang baru merupakan pengganti dari fitur yang lama. Ini akan menjadi perubahan yang baik karena sistem membagikan dokumennya akan jauh lebih efisien.

Pengguna Google Drive juga akan mendapatkan pembaruan serupa. Saat membuka berbagai bentuk file, mereka akan melihat menu dropdown Berbagi di pojok kanan atas layar. Namun, dropdown ini menampilkan opsi yang berbeda saat ingin berbagi video.

Biasanya, Google hanya menampilkan opsi Salin Tautan. Namun, khusus untuk pemutar video, Google akan menambahkan opsi Salin Tautan ke Waktu Ini. Opsi baru ini dibuat agar pengguna bisa membagikan video berdasarkan stempel waktu.

Pengguna Google Drive hanya perlu memutar video, kemudian hentikan video di waktu yang diinginkan. Setelah itu, buka dropdown Berbagi dan pilih Salin Tautan ke Waktu Ini. Ketika sudah tersalin, Google akan memperlihatkan pop-up bertuliskan, “Tautan tersalin di 00.04.”

Seluruh pembaruan ini sudah diluncurkan ke domain Rilis Cepat dan Rilis Terjadwal untuk semua pelanggan Google Workspace dan akun Google pribadi. Rilis Cepat merupakan pembaruan untuk orang-orang terpilih, sementara Rilis Terjadwal merupakan pembaruan secara bertahap.