Cara Cek NISN Online untuk Siswa Seluruh Jenjang Pendidikan

TYOGYAKARTA - Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) merupakan identitas penting bagi siswa atau peserta didik. NISN menjadi tanda pengenal siswa yang terdaftar di Kemendikbudristek dan fungsinya sangat penting dalam pendidikan. Lantas bagaimana cara cek NISN secara online untuk mengetahui nomor induk siswa?

NISN diberikan kepada siswa yang menjadi peserta didik di setiap satuan pendidika yang memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). NISN ini adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar, dan berlaku sepanjang masa di seluruh satuan pendidikan di tanah air. 

NISN biasanya dipakai untuk keperluan ujian nasional hingga pendaftaran masuk perguruan tinggi atau berkuliah. Namun sebagian siswa tidak tahu atau lupa dengan nomor induk miliknya. Ada cara cek NISN secara online yang perlu diketahui oleh tiap siswa. 

Cara Cek NISN Secara Online

Cara cek NISN online bisa dilakukan secara mudah melalui laman resmi kemdikbud.go.id. Bagi Anda yang ingin mengetahui data NISN, berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

  1. Silakan buka laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id/
  2. Setelah berhasil masuk, kemudian pilih ‘pencarian nama’ di sebelah kanan atas
  3. Lalu masukkan informasi atau data yang dibutuhkan, di antaranya: nama lengkap siswa,
  4. tempat dan tanggal lahir, nama ibu kandung 
  5. Kemudian centang bagian Captcha
  6. Lalu klik ‘Cari Data’
  7. Apabila data sudah benar, kemudian klik ‘cari data’ maka data NISN Anda akan ditampilkan

Cara Mencetak NISN 

Siswa kerap mencetak data NISN untuk sejumlah keperluan, seperti mendaftar kuliah atau seleksi masuk PTN. Cara mencetak NISN bisa Anda lakukan secara mudah melalui langkah-langkah berikut ini:

  1. Silakan buka laman nisn.data.kemdikbud.go.id
  2. Kemudian masukkan data-data yang diperlukan, mulai dari nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nama ibu. 
  3. Lalu verifikasi Captcha
  4. Jika data NISN sudah muncul, kemudian klik ikon titik tiga di browser dan pilih opsi ‘Cetak’
  5. Selanjutnya ubah pengaturan print
  6. Anda juga bisa menyimpan dokumen NISN dengan memilih opsi ‘save as PDF’
  7. Lanjut klik ‘simpan’ atau ‘cetak’

Fungsi NISN bagi Siswa

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, NISN memiliki fungsi sebagai nomor induk yang membedakan identitas siap dengan peserta didik lainnya di setiap sekolah di Indonesia. Selain itu, NISN memiliki kegunaan lainnya yakni sebagai berikut, yang perlu dipahami oleh tiap siswa maupun orang tuanya:

  • NISN digunakan untuk mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten, dan berkesinambungan.
  • NISN dijadikan sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit-Unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah, hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu, dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
  • NISN berfungsi untuk sistem pendukung program pemerintah dalam perencanaan dan penerapan program-program pendidikan,di tingkat pusat, provinsi, kota, hingga kabupaten hingga seperti: KIP Kuliah, Bantuan Operasional Sekolah (BOS), untuk Ujian Nasional, serta seleksi masuk PTN.

Kenapa NISN Tidak Terdaftar?

Dalam beberapa kasus terkadang ada data NISN yang tidak bisa ditemukan. Jika Anda mengalami hal ini, ada beberapa faktor yang menyebabkan NISN tidak muncul:

  1. Salah memasukkan data, misalnya NISN atau nama ibu kandung
  2. NISN yang tercantum terdeteksi ganda
  3. NISN yang tercantum pada VervalPD tidak valid
  4. NISN tidak ditemukan di data induk peserta didik
  5. Perbedaan arsip data dengan data sebelumnya
  6. Permasalahan lainnya.

Demikianlah cara cek NISN secara online dan langkah-langkah mencetaknya yang perlu diketahui oleh tiap siswa maupun orang tuanya. NISN merupakan data penting yang perlu diingat dan disimpan oleh siswa karena akan digunakan sewaktu-waktu saat dibutuhkan. Baca juga informasi syarat masuk jalur mandiri PTN

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.