Niu Resmi Boyong Motor Listrik Unik XQi3 ke Pasar Eropa

JAKARTA - Produsen motor listrik Niu akan mulai ekspansinya ke pasar Eropa mulai musim semi 2024, dan akan membawa model XQi3 yang telah diperkenalkan pada ajang EICMA 2023.

Mengutip Rideapart, Selasa, 9 Januari, Niu akan menawarkan XQi3 dalam dua varian model off-road yang disebut Wild, dan versi jalanan yang disebut Street membuat pilihan menarik bagi calon pelanggan. 

Dari segi performa, XQi3 ditenagai oleh motor mid-drive, sebagaimana seharusnya semua sepeda motor trail listrik, dan tenaga dikirimkan ke roda belakang. 

Niu mengklaim bahwa motor listrik ini memiliki tenaga delapan kilowatt, atau sekitar 10,7 hp. 

Lebih detailnya, kecepatan model Street dibatasi pada kecepatan tertinggi 45 km per jam, sedangkan versi Wild mendapat fitur Ultra-Boost yang membuka kecepatan tertinggi 75 kilometer per jam. 

Sementara motor listriknya ditempatkan di bagian bawah rangka aluminium, menjanjikan pusat gravitasi rendah untuk kemudahan manuver. Selain performa, Niu XQi3 ditopang oleh komponen ringan yang mengaburkan batas antara e-moto dan e-MTB.  

Menariknya berbagai fitur menarik juga disematkan, seperti pencahayaan LED, layar TFT dengan konektivitas ponsel cerdas dan pembukaan kunci NFC, dan bahkan pengisi daya USB-C yang praktis. Bahkan ada navigasi GPS yang memudahkan perjlanan. Untuk melengkapi semua ini, versi Street menambahkan lampu sein, kaca spion, dan dudukan plat nomor untuk ukuran yang baik.

Bicara harga, seperti yang diumumkan saat peluncurannya di EICMA 2023, ditetapkan sebesar 5.999 euro atau sekitar Rp101 juta. Motor listrik Ini akan dijual dalam berbagai warna, dan grafis yang memungkinkan pengendara menemukan desain yang sesuai.