KTM Hadirkan 8 Unit 890 SMT 2024 di Malaysia, Harganya Segini

JAKARTA - KTM resmi meluncurkan model 890 SMT 2024 untuk pasar Malaysia yang merupakan Completely Built Up (CBU) dari Austria.

Mengutip dari laman Paultan, Selasa, 9 Januari, model satu ini dijuluki sebagai “Supermoto Tourer”, yang ditempatkan di antara KTM 890 Duke R (CBU Filipina) dan 890 Adventure (CBU Austria). 

Banyak fitur yang disematkan pada model satu ini, seperti halnya tiga mode berkendara terdiri dari rain, street dan sport serta mode track sebagai opsional yang memberikan tenaga ke throttle yang dapat disesuaikan, serta kontrol traksi yang dapat disesuaikan hingga 10 level. 

Tak hanya itu saja, terdapat juga layar TFT-LCD 5 inci menampilkan semua informasi yang diperlukan, serta juga dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth ke smartphone pengendara. 

Selain itu, untuk fitur Cruise control, quickshifter, grip berpemanas, dan Motor Slip Regulation, atau slipper clutch tersedia di 890 SMT untuk 1.000 km pertama. Setelah itu, jika pemilik memerlukan fitur tersebut, harus menambah biaya lagi jika ingin diaplikasikan. 

Sementara itu bicara kenyamanan 890 SMT memberikan opsi kursi rendah, dan suspensi White Power (WP) depan berdiameter 43 mm, sedangkan untuk bagian belakang sudah monoshock yang dapat disesuaikan untuk preload. 

Menggunakan mesin parallel-twin berpendingin cairan LC8 yang sama dengan Duke dan Adventure, 890 SMT menghasilkan tenaga 105 hp pada 8.000 rpm dan 100 Nm pada 6.500 rpm. Tenaga disalurkan ke roda belakang melalui girboks enam percepatan dengan kopling slipper dan penggerak akhir rantai.

Tak banyak unit yang dibawa KTM di pasar Malaysia untuk tahun 2024, di mana 890 SMT hanya ada delapan unit saja. Dan satu unitnya dibanderol 101.800 ringgit atau kisaran Rp340 juta, belum termasuk pajak, asuransi dan registrasi.