ASUS Pamerkan Laptop ROG Zephyrus G14 dan G16 Generasi Terbaru di CES 2024

 

JAKARTA – ASUS merombak tampilan serta sistem dari laptop Republic of Gamers (ROG) Zephy rus G14 dan G16. Kedua laptop ini dipamerkan di acara Consumer Electronics Show (CES) 2024.

Laptop yang masing-masing diluncurkan pada tahun 2022 dan 2023 ini mendapatkan banyak peningkatan, salah satunya adalah mengganti mesin Computer Numerical Control (CNC) dengan bahan alumunium untuk mengurangi bobot dan meningkatkan ruang sasis.

Selain itu, ASUS juga mengganti desain keyboard secara menyeluruh, khususnya pada keycaps dan touchpad. Dua komponen pada keyboard ini diperbesar untuk memudahkan pengetikan, pengguliran yang lebih presisi, dan pengalaman bermain yang lebih lancar.

Untuk membuat tampilan Zephyrus G14 dan G16 menjadi lebih mewah, ASUS menambahkan warna putih platinum dengan hasil akhir matte pada sasis laptop. Mereka juga menambahkan lampu LED baru pada bagian penutup laptop.

Sementara itu, kedua laptop yang difokuskan pada peningkatan Kecerdasan Buatan (AI) ini memiliki prosesor yang berbeda. ROG Zephyrus G14 menggunakan prosesor AMD Ryzen 8000 series yang didukung AMD Ryzen AI dan NVIDIA GeForce RTX 4070.

Berbeda dengan Zephyrus G16 2024, laptop ini menggunakan prosesor Intel Core Ultra 9 185H dengan komputasi AI yang lebih canggih. Prosesor pada laptop ini didukung dengan GPU NVIDIA GeForce RTX 4090 untuk meningkatkan performa saat bermain game.

Kedua laptop ini menjadi laptop ROG OLED pertama buatan ASUS yang menggunakan Nebula Display. Zephyrus G14 memiliki resolusi 3K dengan panel 120Hz, sementara Zephyrus G16 memiliki resolusi layar 2K dengan panel 240Hz.

ASUS belum mengumumkan harga untuk versi baru Zephyrus G14 dan G16. Namun, laptop ini masih bisa bersaing dengan Lenovo Legion Slim 5 dan Razer Blade 14 inci. Keduanya sama-sama menggunakan AMD Ryzen 8000 series.