Timnas Indonesia vs Libya: Sempat Unggul, Skuad Garuda Kalah 1-2

JAKARTA - Laga uji coba kedua Timnas Indonesia vs Libya dihelat di Titanic Mardan Stadium, Turki, pada Jumat, 5 Januari 2024.

Pada partai yang masuk FIFA Matchday tersebut berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Libya.

Indonesia tampil menekan sejak awal laga. Anak asuh Shin Tae-yong bisa membuat gol cepat pada menit keenam. Yakob Sayuri masuk papan skor setelah mengonversi umpan Ivan Jenner.

Hanya saja, keunggulan itu tak bertahan lama. Libya menyamakan kedudukan tiga menit kemudian melalui Osama Mukhtar Al Shremi.

Berawal dari umpan silang dari sisi kanan pertahanan Skuad Garuda, bola sebetulnya berhasil dihalau Pratama Arhan. Namun, bola liar bisa diamankan Osama yang langsung melepas sepakan keras.

Hingga menit ke-18, Timnas Indonesia sanggup menekan lawan. Namun, beberapa kali peluang masih membentur barisan pertahanan Libya.

Asyik menyerang, Skuad Garuda malah kecolongan. Blunder Rizky Ridho yang mengirim operan kepada kiper terlalu lemah sehingga mampu dicegat Ahmed Ekrawa.

Ekrawa lantas merangsek dan melewati kiper Ernando Ari sebelum menggetarkan jala gawang Indonesia.

Selepas tertinggal 1-2, Timnas Indonesia mencoba mendominasi penguasaan bola. Hanya, mereka sulit memasuki sepertiga pertahanan Libya.

Peluang lahir pada menit ke-25 melalui sepakan bebas Witan Sulaeman. Ia melepas umpan ke tiang jauh menuju Elkan Baggott, tapi hanya berujung tendangan gawang.

Sementara Libya yang mengandalkan serangan balik malah mendapat peluang memperlebar keunggulan pada menit ke-30. Namun, tendangan voli Ekrawa melambung tipis di atas mistar.

Setelah itu, tak ada peluang berarti. Timnas Indonesia yang mampu menguasai bola lebih banyak lagi-lagi sulit menembus rapatnya barisan pertahanan Libya .

Sampai babak pertama kelar, tak ada gol tercipta. Libya mempertahankan keunggulan 2-1.

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia langsung mengambil inisiatif serangan dan penguasaan bola. Sepanjang lima menit pertama, Skuad Garuda beberapa kali menembus pertahanan lawan, tapi tak ada satu pun peluang berbahaya.

Libya sesekali keluar dari tekanan dengan serangan balik efektif. Pada menit ke-52 mereka nyaris menambah gol dalam dua peluang. 

Kans pertama gagal dikonversi sebagai gol setelah aksi Ekrawa mengecoh kiper Ernando Ari diakhiri tembakan yang masih melambung.

Peluang kedua sebetulnya berbuah gol. Hanya saja, kemelut dari hasil sepak pojok berujung tendangan bebas buat Indonesia karena pemain Libya sudah lebih dulu terperangkap offside.

Peluang terbaik Skuad Garuda lahir pada menit ke-60. Yacob Sayuri lepas dari penjagaan saat menerima umpan lambung langsung di kotak penalti. 

Ia kemudian memberikan operan pendek kepada Marselino Ferdinan di dalam kotak penalti. Namun, sepakan Marselino masih melambung.

Selepas itu, Indonesia beberapa kali membuat repot barisan pertahanan Libya. Salah satu yang mencolok ialah aksi solo run Justin Hubner melewati beberapa pemain Libya diakhiri operan kepada Marselino.

Namun, pemain Libya masih sigap menahan laju pemain-pemain Skuad Garuda saat baru memasuki kotak penalti.

Sesekali, Libya mengancam dengan efektif. Mereka punya kans apik pada menit ke-69 melalui Fadel Mansour Salama. Beruntung, ketika Salama melepas tembakan dari dalam kotak penalti, Elkan Baggott melakukan tekel yang memblok bola.

Sepanjang 15 menit berikutnya, tak ada peluang berarti. Timnas Indonesia baru bisa mencetak dua peluang penting dalam rentang dua menit pada menit ke-86.

Upaya pertama dilakukan Justin Hubner yang lolos dari jebakan offside. Namun, sepakannya ketika berhadapan satu lawan satu dengan kiper Murad Al Wohesi masih diblok.

Hubner kembali membuka kans menyamakan kedudukan setelah tendangan sudut. Tendangannya dari luar kotak sempat membentur bek Libya dan berubah arah. Sayang, bola masih melebar.

Pada injury time, Timnas Indonesia kembali mendapat kesempatan melalui Ramadhan Sananta. Namun, tembakannya dari dalam kotak penalti masih lemah dan melebar.

Skor tak berubah hingga laga usai. Timnas Indonesia kembali kalah melawan Libya dengan skor 2-1.

Sebelumnya, Skuad Garuda takluk dari Libya pada uji coba pertama, 1 Januari 2024, dengan skor telak 0-4.

Setelah laga ini, Timnas Indonesia masih punya satu pertandingan uji caba melawan Iran pada 9 Januari 2024 di Qatar. Itu merupakan partai latih tanding terakhir sebelum tampil di Piala Asia 2023.