Harga Bitcoin Terjun Seiring Proyeksi Spot ETF Ditarik Kembali

JAKARTA - Nilai asli mata uang kripto Bitcoin (BTC) merosot hingga mencapai 42.989 dolar AS, mengalami aliran keluar yang tiba-tiba, masif, dan tajam pada hari ulang tahun ke-15 'Genesis'-nya, serta menghapus sebagian besar keuntungan dalam 30 hari terakhir.

Bitcoin turun di bawah 42.000 dolar AS pada 3 Januari, kehilangan nilai setidaknya 3.000 dolar AS dalam waktu dua jam, menurut data dari CoinGecko. Di CoinMarketCap, Bitcoin turun hingga mencapai 40.700 dolar AS dari level tertinggi intraday sebesar 45.600 dolar AS yang tercatat pada saat penulisan berita ini.

Pada saat penulisan, Bitcoin diperdagangkan seharga 42.608 dolar AS, turun hampir 6% dalam 24 jam terakhir, menurut data CoinGecko. Cryptocurrency ini juga turun 1,5% dalam 14 hari terakhir sementara hampir tidak mengalami kenaikan dalam 30 hari terakhir.

Penurunan tajam dalam harga BTC terjadi ketika platform layanan keuangan digital Matrixport mencabut prediksi terbarunya bahwa Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) berpotensi menyetujui pertukaran dana terperdagangkan Bitcoin (ETF) langsung pertama pada Januari 2024.

Matrixport mengumumkan di X (sebelumnya Twitter) pada 1 Januari dengan keyakinan bahwa Bitcoin akan melonjak hingga 50.000 dolar AS, didorong oleh faktor seperti "persetujuan ETF Bitcoin spot yang segera." Perusahaan tersebut juga menyatakan bahwa persetujuan potensial ETF Bitcoin spot bisa diumumkan bahkan sebelum harapan kebanyakan trader untuk persetujuan pada 8, 9, atau 10 Januari.

Hanya satu hari setelah mengeluarkan prediksi tentang persetujuan yang mungkin terjadi pada tahun 2024, Matrixport membuat perubahan dalam prediksinya pada 2 Januari, menyatakan bahwa SEC akan menolak semua ETF Bitcoin spot pada Januari dan bahwa persetujuan ETF Bitcoin spot tidak akan terjadi sebelum kuartal kedua tahun ini.

Reaksi komunitas terhadap prediksi kontroversial Matrixport sangat cepat, dengan banyak yang menuduh perusahaan tersebut memanipulasi harga Bitcoin.

Investor Bitcoin, Alistair Milne, menyadari bahwa Matrixport didirikan oleh Jihan Wu, seorang pengusaha kripto miliarder asal China dan salah satu pendiri perusahaan pertambangan kripto Bitmain. Analis industri James Van Straten mencatat bahwa Wu adalah pendukung utama Bitcoin Cash, sebuah fork keras Bitcoin yang dibuat pada tahun 2017.

"Jika ada yang percaya pada apa pun yang diterbitkan oleh Matrixport, saya punya jembatan untuk dijual kepada Anda," tulis analis tersebut.

Beberapa pengamat utama ETF Bitcoin spot juga bereaksi terhadap berita ini. "Kami tidak mendengar apa pun yang menunjukkan selain persetujuan, tetapi saya ingin memberi keuntungan kepada orang tersebut, jadi saya bertanya apakah dia memiliki sumber atau hanya berspekulasi," tulis analis ETF Bloomberg, Eric Balchunas, di X.

"Untuk menjadi jelas, tidak mengatakan penolakan mutlak tidak mungkin," tambah Balchunas. "Tetapi kami tidak mendengar apa pun yang menunjukkan hal itu."