Platform X Gagal Memblokir Undang-Undang California tentang Moderasi Konten

JAKARTA - Pada Kamis, 28 Desember, X yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, gagal menghalangi undang-undang negara bagian California yang mengharuskan perusahaan media sosial untuk secara publik mengungkapkan bagaimana mereka memoderasi konten tertentu di platform mereka.

X pada bulan September menggugat California untuk membatalkan undang-undang moderasi konten tersebut, dengan menyatakan bahwa undang-undang tersebut melanggar hak kebebasan berbicara mereka, berdasarkan Amandemen Pertama Konstitusi Amerika Serikat dan konstitusi negara bagian California.

Undang-undang tersebut mengharuskan perusahaan media sosial dengan pendapatan tahunan yang cukup besar untuk menerbitkan laporan setengah tahunan yang menjelaskan praktik moderasi kontennya, dan memberikan data tentang jumlah posting yang dianggap tidak pantas dan bagaimana penanganannya.

Hakim Distrik Amerika Serikat William Shubb dalam keputusan delapan halaman menolak permintaan perusahaan media sosial tersebut.

"Meskipun persyaratan pelaporan ini tampak memberikan beban kepatuhan yang substansial bagi perusahaan media sosial, tampaknya persyaratan tersebut tidak tidak dibenarkan atau terlalu memberatkan dalam konteks hukum Amandemen Pertama," tulis Shubb.

X tidak segera menanggapi permintaan untuk memberikan komentar.

Shubb akan bertemu dengan pengacara dalam kasus ini pada 26 Februari untuk konferensi penjadwalan.

Shubb menyatakan persyaratan "syarat penggunaan" undang-undang tersebut sebagai hal yang penting dan mengatakan keberadaan mereka bisa menjadi faktor penentu utama bagi pengguna.

X telah menjadi sorotan terkait aturan moderasi kontennya, dengan banyak perusahaan menghentikan iklan di platform tersebut. Sejak Musk mengambil alih X pada Oktober 2022, pendapatan iklan bulanannya di Amerika Serikat turun setidaknya 55% tahun demi tahun setiap bulannya, menurut data pihak ketiga yang diberikan kepada Reuters pada Oktober.

Platform media sosial tersebut juga menghadapi penelitian di Eropa. Uni Eropa bulan ini mengumumkan bahwa mereka sedang menyelidiki X atas dugaan pelanggaran kewajiban, sebagian terkait dengan unggahan setelah serangan Hamas terhadap Israel, penyelidikan pertama mereka di bawah Undang-Undang Layanan Digital (DSA).

Setelah serangan Hamas pada 7 Oktober terhadap Israel, X dan perusahaan media sosial lainnya dilanda oleh gambar palsu dan informasi yang menyesatkan. X mengatakan tetap berkomitmen untuk mematuhi DSA dan bekerja sama dengan proses regulasi.