Hyundai Tebar Teaser Konsep Mobil dengan Sistem E-Corner, Bakal Dipajang di CES 2024

JAKARTA - Hyundai akan memamerkan mobil konsep Mobion pada ajang Consumer Electronics Show (CES) Januari 2024, yang dikembangkan langsung oleh Hyundai Mobis (MObility Beyond Integrated Solution), divisi teknologi dari merek pembuat mobil.

Dikutip dari laman Carbuzz, Sabtu, 30 Desember, Hyundai Mobis menebar teaser video singkat yang dipublikasikan di laman YouTube resminya.

Meski masih berbalut kain hitam, namun diperkirakan mobil tersebut didasarkan pada Ioniq 5 yang sebelumnya juga pernah dipamerkan Hyundai dengan teknologi tersebut. 

Mobion akan dilengkapi dengan sistem e-Corner Hyundai yang memungkinkan setiap roda berputar hingga 90 derajat. Hal ini memungkinkan adanya fitur seperti Zero Turn, Pivot Turn, dan Diagonal Driving.  

Beberapa fitur tersebut tentu sangat membantu para pengguna, contoh saja Zero Turn dimana roda depan dan belakang akan berputar 45 derajat sehingga mobil mampu berputar 360 derajat, alias memiliki radius putar 0, cocok untuk di area yang sempit.

Selain itu ada fitur “Diagonal Driving” di mana keempat roda dapat berputar hingga 30 derajat sehingga, mobil bisa berpindah jalur dengan cepat secara lurus.

Mode terakhir adalah “Pivot Turn” di mana roda depan tidak akan berputar, namun roda belakang akan berputar 90 derajat, memberikan sudut berbelok pivot seperti memutar troli belanja.

 

Tak hanya itu saja, Hyundai juga akan meluncurkan seri Layar Transparan Inovatif baru, yang terdiri dari layar yang dapat digulung di dalam kendaraan dan layar yang dapat diputar.

Ia juga akan memiliki Quantum Dot dan Local Dimming Display (QL) dengan tampilan 3D dan kualitas setara dengan sistem level OLED.

Layar transparan tersebut akan menggunakan elemen optik holografik, namun nilai jual terbesarnya adalah ia akan menampilkan informasi berharga kepada pengemudi tanpa menghalangi pandangan ke depan. Menurut Mobis, tampilan bergulir transparan ini juga menciptakan rasa keterbukaan yang tidak dapat ditandingi oleh tampilan tetap. 

Akan ada beberapa fitur praktis yang dipamerkan juga, dimana Mobis akan menampilkan Unit Kontrol Pengisian Daya 22kW barunya, yang dirancang dengan mempertimbangkan dapat di aplikasikan ke berbagai jaringan.

Pada dasarnya akan mengurangi separuh waktu yang dibutuhkan kendaraan listrik untuk mengisi daya.