Dukungan Transmisi dengan Chromecast di Meta Quest Dihilangkan

JAKARTA – Sejak Meta meluncurkan headset realitas virtual (VR) versi pertama, yaitu Meta Quest, pengguna bisa menghubungkan perangkat tersebut ke televisi menggunakan Chromecast Google.

Namun, transmisi ke televisi ini tidak bisa ditemukan di beberapa perangkat. Menurut temuan Android Central, banyak pengguna Meta Quest yang mengeluh di media sosial bahwa fitur transmisi ke televisi dengan Chromecast sudah dihilangkan.

Artinya, pengguna Meta Quest hanya bisa menghubungkan teknologi VR itu ke smartphone atau komputer. Tampaknya, Meta memang sengaja menyingkirkan fitur tersebut karena mereka telah merilis artikel dengan catatan, “Chromecast tidak sepenuhnya didukung dengan Meta Quest.”

Sementara itu, 9to5google melaporkan bahwa transmisi dengan perangkat Chromecast ini tidak hilang di semua perangkat. Dari unggahan Reddit yang mereka temukan, fitur ini hanya hilang di Quest asli yang sudah update ke versi 60.

Meski transmisi ke televisi ini sudah dihilangkan, pengguna masih bisa menghubungkan headset VR mereka ke televisi dengan cara yang sedikit merepotkan. Mereka harus menghubungkan Meta Quest ke smartphone atau tablet terlebih dahulu.

Setelah melihat tampilan casting gameplay, Meta akan merekomendasikan tampilan ke layar yang lebih besar. Dalam rekomendasi tersebut, Meta mengatakan bahwa pengguna harus membuka Screen Cast dari Quick Settings terlebih dahulu.

Setelah membuka Screen Cast, sambungkan perangkat yang sedang digunakan ke televisi dengan mengeklik Start Casting. Ketika pengguna meninggalkan layar casting atau menutup aplkasi Screen Cast, tampilan di televisi akan langsung berakhir.