Samsung Akan Tambahkan Fitur Perlindungan Baterai di One UI 6.1

JAKARTA – Samsung menyadari bahwa kesehatan baterai merupakan salah satu faktor penting untuk membuat ponsel tahan lama. Maka dari itu, Samsung menciptakan fitur Perlindungan Baterai.

Dari temuan 9to5google, fitur ini akan Samsung tambahkan ke sistem operasi (OS) selanjutnya, yaitu One UI 6.1. Meski tampaknya fitur ini masih lama dikeluarkan, ada beberapa pengguna yang sudah bisa merasakan fitur Perlindungan Baterai terlebih dahulu.

Secara khusus, pengguna One UI 6.0 dengan Android 14 akan merasakan fitur ini. Namun, fitur Perlindungan Baterai ini tidak terlihat secara eksplisit karena pengguna harus mengunduh suatu aplikasi terlebih dahulu untuk melihat fiturnya di Aktivitas.

Pertama, pengguna perlu mengunduh Activity Launcher, kemudian cari menu BatteryProtection dan aktifkan fiturnya. Setelah diaktifkan, tampilan Aktivitas akan menambahkan menu baru yang memperlihatkan tiga level baterai. Anda bisa mengaktifkan fitur tersebut.

Ada tiga pilihan Perlindungan Baterai yang Samsung tambahkan, yaitu Perlindungan Dasar, Perlindungan Adaptif, dan Perlindungan Maksimum. Pada Perlindungan Dasar, baterai tidak akan terus mengisi karena sudah 100 persen ketika sedang diisi dayanya.

“Saat baterai Anda terisi hingga 100 persen, pengisian daya akan berhenti hingga level baterai turun hingga 95 persen dan kemudian pengisian daya akan dimulai kembali. Ini akan berulang sampai telepon Anda terputus dari pengisi daya,” tulis keterangan di opsi Perlindungan Dasar.

Sementara itu, untuk Perlindungan Adaptif, ponsel akan melambatkan pengisian daya saat sudah mencapai 80 persen. Pilihan ini sangat berguna jika Anda sering mengisi daya ponsel di malam hari sambil tertidur.

“Pengisian daya akan dijeda pada 80 persen saat Anda tidur dan menyelesaikan pengisian daya hingga 100 persen tepat sebelum Anda bangun. Ini memberikan perlindungan moderat bagi orang yang mengisi daya ponselnya di malam hari.”

Terakhir, Perlindungan Maksimum akan membatasi pengisian daya hingga 80 persen. Ketika Anda terbangun dari tidur, ponsel Anda tidak akan mencapai 100 persen karena sistem akan langsung menghentikan pengisian dayanya.

Jika cara untuk mengaktifkan fitur ini terasa cukup rumit, Anda hanya perlu menunggu Samsung meluncurkan One UI 6.1. Pembaruan OS ini akan dilakukan tahun depan karena Samsung baru meluncurkan One UI 6.0 pada Agustus lalu.