Agar Tidak Macet, Pemkot Jakpus Imbau Jemaat Gereja Tak Parkir Kendaraan di Bahu Jalan

JAKARTA - Jemaat gereja yang akan melaksanakan ibadah Misa malam Natal diimbau Pemkot Jakarta Pusat agar tidak parkir kendaraan di sembarang tempat, karena berdampak pada kemacetan lalu lintas.

"Kita imbau untuk seluruh jemaat bisa drop out kendaraannya, jadi tidak diparkir yang bukan pada tempatnya," kata Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma saat dikonfirmasi, Minggu, 24 Desember.

Menurut Dhany, aktivitas ibadah dan lalu lintas dapat lancar jika setiap kendaraan yang hanya mengantar penumpang di gereja-gereja Jakarta tidak sembarangan berhenti.

"Sebisa mungkin ya kita mengurangi penempatan kendaraan di badan-badan jalan. Jadi kita imbau untuk parkir di tempat yang sesuai dengan tempat parkir," katanya.

Selain itu, kendaraan setiap jemaat juga tidak sembarangan parkir di badan jalan. Selain itu, polisi mengimbau jemaat gereja tidak membawa kendaraan pribadi saat merayakan Natal karena lahan parkir yang terbatas di sejumlah gereja di DKI Jakarta.

Adapun Polda Metro Jaya memastikan 1.807 gereja yang merayakan Natal 2023 di DKI Jakarta dan wilayah hukum sekitarnya. Sebanyak 4.041 personel gabungan disiagakan dalam Operasi Lilin Jaya 2023. Personel gabungan tersebut terdiri atas Kepolisian, TNI, dan pemerintah daerah, dan unsur-unsur lain yang berkompeten.