Produsen Mobil asal China, BYD, Mampu Produksi 1200 Kendaraan Listrik Per Hari

JAKARTA - Perusahaan teknologi sekaligus produsen electric vehicle (EV) alias kendaraan listrik (EV) asal China, BYD (Build Your Dreams) memiliki megapabrik terintegrasi yang mampu memproduksi 1.200 unit mobil listrik per hari dalam dua regu kerja.

Pada Jumat (22/12) waktu setempat, Antara berkesempatan menyimak produksi mobil BYD Atto 3 dan BYD Seal secara langsung di pabrik yang berlokasi di Changzhou, China. Pabrik di Changzhou merupakan pusat inovasi, riset dan pengembangan, serta rumah produksi yang telah menggunakan fasilitas terdepan untuk perakitan mobil secara otomatis atau menggunakan robot.

"Pabrik Changzhou adalah salah satu aset terpenting yang dimiliki BYD karena merupakan landasan komitmen keberlanjutan BYD. Dengan fasilitas yang mencakup pembuatan komponen hingga perakitan, pabrik ini memungkinkan kami untuk memproduksi NEV (new energy vehicle) dengan kualitas tinggi dan biaya yang terjaga, sehingga kami dapat terus memimpin revolusi NEV global,” Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia Eagle Zhao menjelaskan.

Pabrik Changzhou dengan luas area 11.600 meter persegi merupakan "dapur" BYD Atto 3 dan BYD Seal. Pabrik itu didirikan pada 2019 dan mulai memproduksi kendaraan dengan e-platform pada tahun 2021.