Tesla Siapkan Pengisian Daya Mobil Listrik Nirkabel, Bikin Lebih Santai di Rumah

JAKARTA - Produsen mobil listrik ternama, Tesla, seperti tidak pernah kehabisan ide inovatif. Baru-baru ini Tesla mengonfirmasi bahwa mereka tengah mengerjakan pengisian daya rumah induktif nirkabel. Hal ini diungkapkan oleh kepala desainer Tesla, Franz von Holzhausen, dalam sebuah video di laman YouTube Jay Leno saat membahas tentang Cybertruck.

"Kami sedang mengerjakan pengisian induktif, Anda bahkan tidak perlu mencolok apapun pada saat itu, cukup mengemudikan mobil di garasi dan mulai mengisinya," kata von Holzhausen, dilansir Electrek, Kamis, 21 Desember.

Pengisian daya nirkabel ini menggunakan teknologi induksi, di mana energi listrik ditransfer dari pengisi daya ke mobil tanpa menggunakan kabel. Teknologi ini sudah umum digunakan pada ponsel pintar, namun masih belum umum digunakan pada mobil listrik.

Tesla belum memberikan informasi lebih lanjut tentang pengisian daya nirkabel ini, seperti cara penerapannya atau biaya yang dibutuhkan. Namun, jika benar Tesla akan menghadirkannya, tentunya akan menjadi fitur yang sangat menarik bagi pemilik mobil listrik.

Pengisian daya nirkabel akan membuat pemilik mobil listrik tidak perlu lagi repot-repot menghubungkan kabel pengisi daya. Cukup dengan memarkir mobil di garasi, pengisian daya akan secara otomatis dimulai.

Selain itu, pengisian daya nirkabel juga akan membuat garasi menjadi lebih rapi dan bersih. Tidak ada lagi kabel yang berserakan di lantai garasi.

Meski demikian, pengisian daya nirkabel juga memiliki beberapa kekurangan. Pertama, biaya pemasangannya yang relatif mahal. Kedua, bobot mobil akan bertambah karena adanya komponen pengisian daya nirkabel.

Namun, kekurangan-kekurangan tersebut bisa diabaikan jika dibandingkan dengan kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan oleh pengisian daya nirkabel.

Jika Tesla berhasil menghadirkan pengisian daya nirkabel ini, tentunya akan menjadi lompatan besar bagi perkembangan mobil listrik. Pengisian daya nirkabel akan membuat mobil listrik menjadi lebih praktis dan nyaman digunakan.