Vatikan Setujui Pemberkatan untuk Pasangan Sesama Jenis, Asal...

JAKARTA - Vatikan mengatakan pada Hari Senin mengeluarkan keputusan penting yang disetujui oleh Paus Fransiskus, bahwa para imam Katolik Roma dapat memberikan pemberkatan kepada pasangan sesama jenis, dengan syarat selama mereka tidak menjadi bagian dari ritual atau liturgi reguler Gereja.

Sebuah dokumen dari kantor doktrin Vatikan, yang secara efektif membatalkan deklarasi yang dikeluarkan badan yang sama pada tahun 2021, mengatakan, berkat seperti itu tidak akan melegitimasi situasi yang tidak biasa tetapi menjadi tanda bahwa Tuhan menyambut baik semua orang.

Hal ini tidak boleh disamakan dengan sakramen pernikahan heteroseksual, tambah dokumen itu, melansir Reuters 19 Desember.

Dikatakan, para imam harus mengambil keputusan berdasarkan kasus per kasus dan "tidak boleh mencegah atau melarang kedekatan Gereja dengan umat dalam setiap situasi, di mana mereka mungkin mencari pertolongan Tuhan melalui berkat".

Sebelumnya, Paus mengisyaratkan bahwa perubahan resmi sedang dilakukan pada Bulan Oktober, sebagai tanggapan atas pertanyaan yang diajukan oleh lima kardinal konservatif pada awal sinode para uskup di Vatikan.

Paus Fransiskus. (Wikimedia Commons/Mario Roberto Durán Ortiz)

Walaupun tanggapan yang diberikan pada Bulan Oktober lebih beragam, dokumen delapan halaman yang diterbitkan pada Hari Senin, dengan subjudul "Tentang Makna Pastoral dari Berkat" menguraikan situasi-situasi spesifik. Dokumen 11 poin berjudul "Berkah bagi Pasangan dalam Situasi Tidak Biasa dan Pasangan Sejenis".

Gereja mengajarkan, ketertarikan terhadap sesama jenis bukanlah dosa, namun tindakan homoseksual adalah dosa. Sejak terpilih pada tahun 2013, Paus Fransiskus telah berusaha membuat gereja yang beranggotakan 1,35 miliar orang itu lebih ramah terhadap kelompok LGBT, tanpa mengubah doktrin moral.

Pastor James Martin, seorang pendeta Jesuit Amerika terkemuka yang melayani komunitas LGBT, menyebut dokumen tersebut sebagai "sebuah langkah maju yang besar dalam pelayanan gereja" kepada mereka.

Dalam sebuah unggahan di media sosial X, Martin mengatakan bahwa dokumen tersebut "mengakui keinginan mendalam dari banyak pasangan sesama jenis Katolik akan kehadiran Tuhan dalam hubungan cinta mereka", menambahkan bahwa "bersama dengan banyak pastor, saya sekarang akan dengan senang hati melakukannya. memberkati teman-temanku dalam persatuan sesama jenis".

Sementara, Francis DeBernardo, direktur eksekutif New Ways Ministry, sebuah kelompok yang mengadvokasi hak-hak LGBT di Gereja, mengatakan pentingnya dokumen tersebut "tidak dapat dilebih-lebihkan". Dia memuji kata-kata dalam dokumen tersebut yang menyatakan, orang yang mencari berkat tidak boleh dijadikan sasaran “analisis moral yang mendalam”.

Terpisah, Keputusan yang diambil pada Hari Senin ini kemungkinan besar akan ditentang oleh kelompok konservatif, yang sudah mengkritik Paus ketika ia membuat komentar pertamanya mengenai masalah ini pada bulan Oktober.

Ilustrasi. (Wikimedia Commons/Jordy91 at English Wikipedia)

Ulrich L. Lehner, seorang profesor teologi di Universitas Notre Dame di Amerika Serikat, mengatakan panduan baru dari kantor doktrinal "mengundang kesalahpahaman dan akan menabur kebingungan".

Menyuarakan kekhawatiran bahwa beberapa uskup akan menggunakannya sebagai alasan untuk melakukan apa yang secara eksplisit dilarang, profesor itu menambahkan, "hal ini, dan saya benci mengatakannya, merupakan undangan untuk perpecahan".

Dokumen tersebut, yang judul latinnya adalah "Fiducia Supplicans" ("Supplicating Trust"), menyatakan bentuk pemberkatan "tidak boleh ditetapkan secara ritual oleh otoritas gerejawi untuk menghindari kebingungan dengan pemberkatan yang sesuai dengan Sakramen Perkawinan".

Dikatakan bahwa hal ini dapat diterapkan pada mereka yang “tidak mengklaim legitimasi atas status mereka sendiri, namun memohon agar semua yang benar, baik, dan valid secara manusiawi dalam kehidupan mereka dan hubungan mereka diperkaya, disembuhkan, dan ditingkatkan dengan kehadiran mereka. dari Roh Kudus".

"Pada akhirnya, berkat memberi manusia sarana untuk meningkatkan kepercayaan mereka kepada Tuhan," katanya, seraya menambahkan bahwa hal itu "harus dipelihara, bukan dihalangi".

Dokumen tersebut juga mengatakan, pemberkatan tidak boleh dikaitkan atau diatur waktunya dengan upacara pernikahan sipil dan dilakukan tanpa menggunakan "pakaian, gerak tubuh, atau kata-kata yang pantas untuk sebuah pernikahan".

Tempat untuk pemberkatan tersebut, katanya, mungkin dilakukan "dalam konteks lain, seperti kunjungan ke tempat suci, pertemuan dengan pendeta, pembacaan doa dalam kelompok, atau selama ziarah".

Diketahui, keputusan tersebut ditandatangani oleh Kardinal Victor Manuel Fernandez, kepala Dikasteri Ajaran Iman Vatikan dan disetujui oleh Paus dalam audiensi pribadi dengan Fernandez dan pejabat kantor doktrinal lainnya pada Hari Senin.