Apple Menghentikan Penjualan Apple Watch Series 9 dan Ultra 2 di AS Akibat Sengketa Paten dengan Masimo

JAKARTA - Apple mengumumkan bahwa setelah pukul 3 sore waktu Timur AS pada 21 Desember, tidak akan lagi menjual Apple Watch Series 9 atau Ultra 2. Hari terakhir untuk pengambilan atau pengiriman model-model ini dari toko ritel Apple adalah tanggal 24 Desember. Apple menyatakan bahwa ini dilakukan sebagai langkah pencegahan untuk mematuhi larangan impor ITC menyusul sengketa paten dengan pembuat perangkat medis, Masimo, terkait sensor SpO2-nya.

Berita ini pertama kali dilaporkan oleh 9to5Mac, dan Apple mengonfirmasi informasi tersebut kepada The Verge. Larangan hanya mempengaruhi model unggulan Series 9 dan Ultra 2. Karena Apple Watch SE tidak memiliki sensor SpO2, model ini tetap tidak terpengaruh.

Model-model sebelumnya dari Apple Watch dengan sensor oksigen dalam darah juga tidak akan terkena dampak. Larangan impor ITC ini juga hanya memengaruhi penjualan Series 9 dan Ultra 2 di AS — jam tangan tersebut masih akan tersedia untuk dijual di luar negeri.

Sengketa paten antara Apple dan Masimo telah menjadi permasalahan yang rumit selama beberapa tahun terakhir. Masimo terkenal dengan pulse oximeter-nya. Masimo mengajukan dua kasus terpisah — satu dengan Pengadilan Distrik AS di Wilayah Pusat California dan yang kedua dengan ITC — di mana klaim bahwa Apple melanggar teknologi pulse oximetry-nya.  

Dalam pernyataan yang diberikan kepada 9to5Mac maupun The Verge, juru bicara Apple, Nikki Rothberg, mengatakan bahwa Apple "sangat tidak setuju" dengan perintah tersebut dan sedang "mengejar berbagai opsi hukum dan teknis untuk memastikan bahwa Apple Watch tetap tersedia bagi pelanggan."

Saat ini, belum jelas apakah larangan impor ITC akan bertahan. Saat ini sedang menjalani periode tinjauan presiden, dan Presiden AS Joe Biden akan memiliki kesempatan untuk menolak larangan tersebut. Meskipun jarang terjadi, veto presiden sebelumnya telah menguntungkan Apple.

Pada tahun 2013, mantan Presiden AS, Barack Obama, menolak larangan impor ITC terhadap iPhone 4 dan beberapa model iPad. Meski begitu, Biden memilih untuk mempertahankan keputusan ITC lain yang akan melarang impor Apple Watch terkait fitur EKG. Periode tinjauan presiden berakhir pada tanggal 25 Desember, jadi publik harus melihat apakah ada perubahan antara sekarang dan saat itu.

"Jika perintah tersebut tetap berlaku, Apple akan terus mengambil semua langkah untuk mengembalikan Apple Watch Series 9 dan Apple Watch Ultra 2 kepada pelanggan di AS secepat mungkin," kata Rothberg. Ini kemungkinan akan melibatkan banding di Federal Circuit.