Kilas Balik YouTube Indonesia: Video Terpopuler di Sepanjang Tahun 2023

JAKARTA – Tren video di YouTube selalu berubah setiap tahunnya, begitu pun dengan tahun ini. Dari temuan YouTube, tren di tahun 2023 lebih condong ke konten inspiratif dan juga menghibur.

Pada Kamis, 14 Desember, YouTube membagikan deretan video yang paling populer di sepanjang tahun 2023. Seluruh video ini dibagi berdasarkan formatnya, yaitu video biasa dalam bentuk landscape dan video Reels dengan bentuk portrait.

Dalam video landscpace, YouTube mengatakan bahwa video yang pernah trending di Indonesia adalah video saat Putri Ariani mengikuti audisi acara America Got Talent. Meski tidak dijelaskan jumlah penontonnya, video ini patut diingat karena Putri langsung masuk ke babak semifinal.

Video berikutnya yang sangat populer adalah SEA Games 2023. Saat itu, Indonesia berhasil memang melawan Thailand dengan skor 5-2. Video yang menunjukkan kehebatan dari Timnas Indonesia ini berhasil ditonton hingga lebih dari 8,9 juta kali.

Tingginya antusias masyarakat dalam menyambut kemenangan Timnas Indonesia tidak hanya terlihat di YouTube, tetapi juga di televisi. Kemenangan tersebut berhasil memecahkan rekor penonton televisi terbanyak untuk pertandingan sepak bola di Indonesia.

Beralih ke video pendek dengan format portrait dalam fitur Shorts, video yang paling populer adalah video saat Frost Diamond, YouTuber dengan nama asli Kananda Widyantara, melakukan challenge dan mengajak para penontonnya.

Video yang dibagikan ini berhasil ditonton hingga lebih dari 58 juta kali. Menurut YouTube, video ini memberikan hiburan kepada penonton sekaligus mengajak penonton untuk mencoba hal baru yang menyenangkan dan belum pernah terpikirkan sebelumnya.

Itu dia beberapa video YouTube yang paling trending di Indonesia. Meski sejumlah video ini berhasil masuk ke jajaran trending karena kreativitas dan kemampuan pengisi videonya, peran penonton juga menjadi alasan dari viralnya video-video tersebut.

Ket. foto: