Rafael Struick Berencana Jadi Selebgram saat Pensiun Nanti

JAKARTA - Rafael Struick telah memikirkan rencana matang andai dirinya tak lagi berkarier di sepak bola. Meski masih sangat muda, Struick berencana menjadi selebgram saat nanti pensiun.

Nama Struick mulai meroket setelah proses naturalisasinya rampung. Dia menjadi pemain Timnas Indonesia dengan jumlah pengikut terbanyak di Instagram.

Saat ini, pemain berdarah Indonesia-Belanda itu memiliki 1,2 juta pengikut di media sosial pribadinya.

Dari jutaan pengikutnya, bahkan tak sedikit yang rela berlangganan konten eksklusif yang dibanderol 0,05 euro per bulan demi melihat aktivitas Struick.

Melihat bagaimana animo tinggi para penggemar di media sosial, Struick terpikir untuk menjadi selebgram saat pensiun nanti. Soalnya, jumlah pengikutnya terus bertambah.

“Saat ini saya memiliki banyak pengikut dan itu akan terus bertambah pada tahun-tahun mendatang. Saya bahkan berpikir bisa menjadi influencer setelah karier sepak bola saya selesai,” kata Rafael Struick dikutip dari Omroep West pada Kamis, 14 Desember 2023.

“Tidak hanya untuk follower Indonesia saja, tapi juga untuk fans dari negara lain. Bagi saya, itu tampak keren,” jelasnya.

Kendati punya keinginan untuk menjadi selebgram setelah pensiun nanti, komitmen Struick selama masih menjadi pesepak bola patut diacungi jempol.

Hal itu berkaitan dengan tawaran iklan dan kolaborasi yang belakangan mulai membanjirinya. Dengan statusnya yang kini masih menjadi pesepak bola aktif, Struick tak ingin mencampurinya dengan urusan komersial yang bisa diraih dengan cepat lewat ketenaran.

Ia mengungkapkan keinginan agar orang-orang lebih mengenalnya sebagai pemain sepak bola karena kemampuannya, bukan ketenaran dari media sosial.

“Saya menerima pesan dari perusahaan tentang kolaborasi, tapi saya tidak pernah benar-benar menanggapinya.”

“Saya pikir para atlet kadang-kadang berjalan di atas pilar periklanan dan saya ingin menjauhi hal itu. Saya ingin orang-orang mengenal saya dari sepak bola, bukan dari Instagram,” ungkap pemain 20 tahun itu.

Terlepas dari niatan pensiun dan menjadi selebgram, saat ini Rafael Struick masih terdaftar sebagai pesepak bola aktif yang memperkuat klub kasta kedua Liga Belanda, ADO Den Haag.

Struick sudah tampil sebanyak empat kali di semua kompetisi bersama ADO Den Haag. Sempat mengalami cedera, Struick kemudian membuktikan dirinya setelah sembuh dengan mencetak tiga gol dari dua laga. Hal ini ia lakukan ketika membela ADO Den Haag U-21.

Selain tampil untuk klub, Struick juga akan memperkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 yang berlangsung di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

Pada turnamen tersebut, Skuad Garuda tergabung di Grup D bersama Vietnam, Irak, dan Jepang.