Regulator Keselamatan AS Mulai Proses Pembuatan Aturan Baru untuk Teknologi Cegah Pengemudi Mabuk

JAKARTA -  Regulator keselamatan otomotif Amerika Serikat (NHTSA) mengumumkan pada Selasa 12 Desember bahwa mereka telah memulai proses yang pada akhirnya akan mewajibkan produsen mobil mengadopsi teknologi baru untuk mencegah pengemudi yang sedang mabuk untuk bisa menghidupkan kendaraan.

Pada tahun 2021, Kongres memberikan arahan kepada Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) untuk memandatkan teknologi pasif guna menghindari lebih dari 10.000 kematian di jalan setiap tahunnya. Undang-undang tersebut mensyaratkan standar keamanan teknologi baru pada November 2024 jika teknologinya sudah siap.

Ada beberapa teknologi potensial yang sedang dikembangkan yang dapat mencegah orang yang terpengaruh dari memulai kendaraan, termasuk sensor napas atau sentuhan untuk mendeteksi alkohol. Pilihan potensial lainnya adalah menggunakan kamera untuk memantau gerakan mata guna mencoba menentukan apakah pengemudi sedang dalam pengaruh.

Meski begitu, NHTSA harus yakin bahwa teknologi tersebut berfungsi sebelum dapat mewajibkannya, dan kemudian memberikan waktu setidaknya tiga tahun kepada produsen otomotif untuk mengimplementasikannya setelah mengesahkan aturan.

"Kami mencoba melihat apakah kami bisa menyelesaikannya, apakah teknologinya sudah ada dalam kondisi yang akan bekerja setiap saat," kata Pejabat Pelaksana Tugas NHTSA, Ann Carlson, sambil menambahkan bahwa penerimaan publik terhadap teknologi ini akan bergantung pada akurasi teknologi tersebut.

Carlson mengatakan bahwa ada sekitar 1 miliar perjalanan harian terpisah di Amerika Serikat.

"Jika akurasinya 99,9%, Anda bisa mendapatkan satu juta positif palsu," kata Carlson. "Positif palsu itu bisa jadi seseorang yang berusaha pergi ke rumah sakit untuk keadaan darurat."

NHTSA pada Selasa mempublikasikan "pengumuman peraturan yang diusulkan sebelumnya" untuk memulai proses pengumpulan informasi tentang bagaimana teknologi tersebut dapat dikembangkan dan diwajibkan.

Pengumuman regulasi tersebut merinci penelitian dan kemajuan teknologi yang diperlukan untuk menetapkan regulasi dan opsi aturan potensial, dengan merujuk pada "deteksi kandungan alkohol dalam darah, deteksi ketidakmampuan (pemantauan pengemudi), atau kombinasi dari keduanya."

Presiden Mothers Against Drunk Driving, Tess Rowland, mengatakan kelompok tersebut "sangat senang" dengan peluncuran aturan NHTSA.

"Kami menyadari masih ada gunung yang harus dinaiki," kata Rowland. "Korban dan keluarga korban tidak akan membiarkan hal ini berhenti."

Pada tahun 2021, sebanyak 13.384 orang meninggal dalam kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh pengemudi yang terpengaruh alkohol, yang merupakan statistik paling baru yang tersedia.

Secara terpisah, Carlson akan memberi tahu komite Dewan Perwakilan Rakyat AS pada  Rabu 13 Desember bahwa kematian di jalan raya AS turun 4,5% pada sembilan bulan pertama tahun ini setelah meningkat tajam selama pandemi COVID-19.

"Walaupun kami optimistis bahwa akhirnya kami melihat penurunan fatalitas tertinggi yang terjadi selama pandemi, ini bukanlah alasan untuk merayakan," tulis kesaksian tertulis Carlson.