NHTSA Keluarkan Aturan Baru Tentang Mobil Otomatis yang Hilangkan Keharusan Adanya Pengemudi
Kursi pengemudi boleh ditiadakan untuk mobil otomatis. (foto: dok. oixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Regulator A.S. pada Kamis, 10 Maret, mengeluarkan aturan akhir yang menghilangkan kebutuhan produsen kendaraan otomatis untuk melengkapi kendaraan yang sepenuhnya otonom dengan kontrol mengemudi manual untuk memenuhi standar kecelakaan.

Pembuat mobil dan perusahaan teknologi telah menghadapi rintangan yang signifikan untuk menyebarkan kendaraan sistem mengemudi otomatis (automatic driving system/ADS) tanpa kendali manusia karena standar keselamatan yang ditulis beberapa dekade lalu yang menganggap orang yang harus  memegang kendali.

Bulan lalu, General Motors Co dan unit teknologi self-driving-nya Cruise mengajukan petisi kepada Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS (NHTSA) untuk izin membangun dan menggunakan kendaraan self-driving tanpa kendali manusia seperti roda kemudi atau pedal rem.

Aturan merevisi peraturan yang mengasumsikan kendaraan "akan selalu memiliki kursi pengemudi, roda kemudi dan kolom kemudi yang menyertainya, atau hanya satu posisi tempat duduk penumpang yang menempel di depan."

"Untuk kendaraan yang dirancang hanya untuk dioperasikan oleh ADS, kontrol mengemudi yang dioperasikan secara manual secara logis tidak diperlukan," kata badan tersebut, seperti dikutip Reuters.

Aturan baru, yang pertama kali diusulkan pada Maret 2020, menekankan bahwa kendaraan otomatis harus memberikan tingkat perlindungan penumpang yang sama dengan kendaraan yang dikemudikan oleh manusia.

"Saat pengemudi berubah dari manusia menjadi mesin dalam kendaraan yang dilengkapi ADS, kebutuhan untuk menjaga keselamatan manusia tetap sama dan harus terintegrasi sejak awal," kata Deputy Administrator NHTSA, Steven Cliff.

Aturan NHTSA mengatakan anak-anak tidak boleh menempati apa yang secara tradisional dikenal sebagai posisi atau kursi "pengemudi", mengingat posisi tempat duduk pengemudi belum dirancang untuk melindungi anak-anak dalam kecelakaan. Akan  tetapi jika seorang anak berada di kursi itu, mobil tidak akan langsung diperlukan untuk menghentikan gerakan.

NHTSA mengatakan peraturan yang ada saat ini tidak melarang penggelaran kendaraan otomatis selama mereka memiliki kontrol mengemudi manual, dan karena terus mempertimbangkan untuk mengubah standar keselamatan lainnya, produsen mungkin masih perlu mengajukan petisi kepada NHTSA untuk pengecualian dalam menjual kendaraan yang dilengkapi ADS.