Union Berlin vs Real Madrid: Rekor Sempurna Los Blancos di Liga Champions

JAKARTA - Real Madrid tertinggal lebih dulu dan bangkit untuk mengalahkan Union Berlin 3-2 di pertandingan Grup C di Stadion Olympia, Rabu, 13 Desember 2023, dini hari WIB. Los Blancos pun mencatat rekor sempurna karena memenangi semua pertandingan.

Union Berlin menjadi korban terakhir Madrid. Kekalahan itu menjadikan Union gagal lolos ke Liga Europa karena menduduki dasar klasemen setelah mengantongi dua poin.

Terpaut dua poin dari Braga yang juga menelan kekalahan 0-2 dari Napoli. Braga yang mendapatkan tiket ke Liga Europa dengan menduduki peringkat tiga.

Sementara, Madrid selalu memenangi pertandingan sehingga menutup babak penyisihan dengan mendapatkan poin 18. Ini mengulangi pencapaian Los Blancos pada musim 2011/2012 dan 2014/2015.

Menariknya pada dua edisi itu, Madrid selalu gagal di semifinal. Pada 2012, Madrid kalah lawan Barcelona di empat besar. Selanjutnya, Barca yang masih memiliki Lionel Messi mengalahkan Juventus 3-1 di final.

Sedangkan pada 2014/2015, Madrid juga hanya bertahan sampai semifinal sebelum dikalahkan Bayern Munchen. Namun, Bayern dikalahkan Chelsea di final lewat adu penalti.

Pada laga melawan Union, pelatih Madrid Carlo Ancelotti tetap menaruh respek kepada lawan dan kompetisi Liga Champions 2023/2024 dengan menurunkan skuat terbaik.

Hanya striker Vinicius Junior yang absen karena masih cedera. Posisinya pun digantikan Joselu yang berduet dengan Rodrygo. Mereka mendapat dukungan dari Jude Bellingham dan Dani Ceballos.

Untuk posisi kiper, Ancelotti menurunkan Kepa Arrizabalaga di laga tersebut. Kepa sendiri merupakan kiper ketiga.

Selama ini, kiper kedua Andriy Lunin yang menggantikan Thibaut Courtois. Haya saja, kiper timnas Belgia ini cedera lutut sehingga harus menepi untuk waktu yang cukup lama.

Tampil dengan skuat terbaik tidak berarti Madrid mudah mengatasi lawannya. Madrid memang seharusnya sudah unggul saat mendapat hadiah penalti menjelang akhir babak pertama.

Namun, eksekusi penalti yang dilakukan Luka Modric gagal karena bisa diblok oleh kiper Frederik Ronnow. Tak lama berselang atau saat laga memasuki injury time, Union berhasil unggul melalui Kevin Volland.

Gol tercipta setelah dia sukses melewati hadangan bek Lucas Vazquez untuk menaklukkan kiper Kepa. Skor 1-0 untuk tuan rumah pada laga Union Berlin vs Real Madrid bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Madrid meningkatkan serangan. Hasilnya Joselu membobol gawang Union di menit ke-61. Dirinya menyelesaikan umpan silang dari Rodrygo yang menyamakan skor.

Selanjutnya, Joselu mencetak brace yang menjadikan Madrid berbalik unggul 2-1 pada menit ke-72. Kali ini, Joselu menuntaskan umpan dari Fran Garcia.

Union tetap memberi perlawanan meski sudah tertinggal. Upaya mereka akhirnya memberikan hasil saat Alex Kral membobol gawang Kepa pada menit ke-85.

Gol itu mengubah skor menjadi 2-2 dan membuka harapan Union lolos ke Liga Europa.

Namun, harapan klub Budesliga ini pupus. Gara-garanya Ceballos sukses mencetak gol bagi Madrid yang mengubah skor menjadi 3-2 pada menit ke-89.

Gol di menit terakhir ini menjadi yang terakhir pula pada laga Union Berlin vs Real Madrid. Los Blancos menutup laga dengan kemenangan keenam di penyisihan.