YouTube Meluncurkan Fitur Pause untuk Mencegah Komentar Baru Muncul

JAKARTA - YouTube mengumumkan peluncuran setelan moderasi komentar baru, Pause, yang memungkinkan pembuat konten dan moderator mencegah penonton menambahkan komentar baru namun tetap mempertahankan komentar yang sudah ada di video.

“Fitur ini telah diujicobakan selama beberapa waktu dan kami sangat senang dapat meluncurkannya kepada semua orang berdasarkan masukan positif yang kami terima saat mengujinya,” tulis YouTube dalam pengumumannya pada Jumat, 8 Desember. 

Sebelum fitur ini diluncurkan, jika Anda ingin mencegah agar orang tidak dapat memberikan komentar baru, Anda hanya memiliki 2 opsi - untuk menahan komentar untuk ditinjau sebelum memublikasikannya atau menonaktifkan komentar dari saluran Anda sepenuhnya. 

Sekarang, Anda akan melihat opsi untuk memilih Pause di setelan komentar video yang berbentuk ikon roda gigi di sudut kanan atas panel komentar, baik di aplikasi YouTube atau di YouTube Studio pada desktop dan seluler. 

“Jika Anda memutuskan untuk menjeda komentar, pemirsa Anda masih dapat melihat semua komentar yang ada mereka tidak dapat menambahkan komentar baru,” tutup pengumuman itu. 

Selama masa uji coba, pembuat konten dan moderator di grup eksperimen mengatakan bahwa mereka menggunakan Pause untuk:

Mendapatkan lebih banyak fleksibilitas dalam cara mereka mengelola komentar, dan juga bisa mengontrol kolom komentar jika terdapat komentar yang tidak sesuai, tanpa harus mematikannya kolom komentar sepenuhnya.