Suara Personal, Fitur Berguna dari Apple untuk Pengguna yang Hampir Kehilangan Suara

 

JAKARTA – Apple memiliki salah satu fitur yang sering mereka pamerkan, yaitu Suara Personal. Fitur ini membantu para pengguna yang hampir kehilangan suara mereka secara permanen.

Pada 30 November, Apple membuat film pendek untuk memamerkan fitur ini. Dalam video tersebut, Apple ingin menunjukkan bahwa fitur Suara Personal sangat berguna untuk pengguna yang kehilangan suaranya.

Ada beberapa kondisi di mana pengguna bisa kehilangan suara secara permanen. Mereka mungkin menderita penyakit seperti Parkinson, multiple sclerosis, ASL, atau kelumpuhan pita suara.

Sejumlah penyakit ini biasanya tidak menghilangkan suara secara mendadak. Ada proses yang akan dilalui penderitanya hingga suara mereka hilang total. Momen inilah yang menjadi dasar pengembangan Suara Personal.

Fitur ini akan membuat suara sintesis seperti suara perekamnya. Dengan fitur ini, pengguna tetap bisa berkomunikasi melalui FaceTime, panggilan telepon, aplikasi bantuan komunikasi, hingga percakapan langsung.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pastikan bahwa perangkat Anda sudah menggunakan iOS 17, iPadOS 17, atau macOS Sonoma. Jika sistem perangkatnya sudah diperbarui, buka Pengaturan dan pilih Aksesibilitas.

Selanjutnya, pilih Suara Personal dan ketuk Buat Suara Personal. Fitur ini akan menampilkan beberapa petunjuk untuk merekam suara secara maksimal. Harapannya, suara sintesis yang dihasilkan bisa sesuai dengan suara Anda.

Berbeda dengan perangkat Mac, Anda perlu membuka Pengaturan Sistem terlebih dahulu untuk menemukan Aksesibilitas. Klik Suara Personal, kemudian Buat Suara Personal. Cara kerjanya sama dengan perangkat iPad dan iPhone.

Sistem ini terenkripsi dengan aman di perangkat Anda. Fitur ini hanya bisa diakses dengan keamanan Face ID, Touch ID, kode sandi, hingga sandi perangkat. Ketika fitur ini digunakan, seluruh data akan tersimpan di iCloud dengan enkripsi menyeluruh.