Google Sedang Kembangkan Fitur 'Bantu Saya Menulis' untuk Chrome

JAKARTA – Google berencana menambahkan alat Kecerdasan Buatan (AI) ke dalam Chrome. Alat dengan nama Bantu Saya Menulis ini akan hadir di sistem perangkat Windows, Mac, dan Linux.

Dari laporan 9to5google, alat baru yang dikembangkan oleh Google ini mampu menyusun teks dengan perintah sederhana. Alat ini sengaja dirancang untuk menghemat waktu saat mengetik secara manual.

Bantu Saya Menulis pertama kali ditemukan oleh 9to5google di versi desktop. Google memanggil alat ini dengan nama Tulis  atau CCO. Namun, merek yang disematkan adalah Bantu Saya Menulis.

Fitur ini akan tampil secara otomatis di Chrome setiap kali pengguna akan mengetikkan sesuatu secara online. Google akan memberikan rekomendasi yang cukup menarik dengan penyesuaian halamannya.

Alat ini memang dirancang untuk membaca halaman yang sedang dibuka pengguna. Misalnya, Anda sedang membuka Facebook dan ingin membuat status, maka rekomendasi dari Bantu Saya Menulis akan menambahkan tagar hingga emoji.

Gaya penulisan dari AI ini juga bisa disesuaikan. Pengguna bisa meminta Bantu Saya Menulis untuk membuat teks lebih singkat, lebih panjang, santai, atau formal. Teks ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Meski 9to5google berhasil menemukan fitur baru ini, belum diketahui pasti kapan Google akan merilisnya ke Chrome. Fitur ini mungkin tidak akan diluncurkan dalam waktu dekat karena Google masih mengembangkannya.