Robot Pendarat Jepang Ditargetkan Mendarat di Bulan Pada Januari 2024

 

JAKARTA – Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang (JAXA) mengumumkan kabar terbaru dari Smart Lander for Investigating Moon (SLIM). JAXA mengatakan bahwa SLIM telah beroperasi dengan lancar.

Jika operasi dari SLIM berjalan terus dengan lancar, JAXA menargetkan pendaratan SLIM pada 20 Januari tahun depan. Pendarat ini akan mulai diarahkan untuk turun ke Bulan pada pukul 12.00 waktu setempat dan mendarat di permukaan 20 menit setelahnya.

Namun, tanggal pendaratan ini bukan opsi satu-satunya yang ditargetkan JAXA. Jika kondisinya tidak memungkinkan untuk mendarat di bulan Januari, SLIM akan diarahkan untuk mendarat satu bulan setelahnya.

“Harap dicatat bahwa jika pendaratan tidak dilakukan pada waktu yang disebutkan di atas, kesempatan berikutnya dijadwalkan sekitar 16 Februari 2024. SLIM bertujuan untuk mencapai pendaratan tepat dengan akurasi kurang dari 100 meter,” tulis JAXA dalam rilis resmi.

Dalam waktu dekat, SLIM akan masuk ke orbit bulan. Setelah memasuki orbit pada 25 Desember, SLIM akan mulai mempersiapkan pendaratan di pertengahan bulan Januari dan menyelesaikan transisi ke orbit pada 19 Januari.

SLIM diluncurkan pada 7 September di Pusat Luar Angkasa Tanegashima. Pendarat ini diluncurkan dengan kendaraan H-IIA F47, peluncur sekali pakai dari Mitsubishi Heavy Industries (MHI).

Melalui pendaratan SLIM, JAXA ingin membuktikan bahwa pendarat mereka mampu mendarat dengan akurasi yang tinggi di tempat yang mereka inginkan. SLIM akan mengeksplorasi bulan dengan sistem yang lebih ringan dari pendarat bulan lainnya.