Pernah Jadi Personel Band, Soleh Solihun Dapat Posisi Tak Lazim

 

JAKARTA - Dikenal sebagai stand up comedian, Soleh Solihun menyebut kemampuannya bicara di depan banyak orang sudah diasah sejak masih kuliah.

Pada tahun 2002, menjelang akhir masa perkuliahannya, Soleh Solihun mengaku pernah berada dalam sebuah band. Namun, posisinya di band tidak lazim. Ia diminta menjadi master of ceremony (MC) dari band.

Gua di kampus punya band, gua diajakin ngeband sama teman gua sebagai MC,” kata Soleh Solihun melansir YouTube Volix, Minggu, 26 November.

Soleh menyebut dirinya sebagai frontman, namun bukan sebagai vokalis utama.

Sebagai MC band, ia bertugas bicara kepada penonton sebelum lagu dimainkan. Selanjutnya, saat band memainkan lagu, ia akan bertindak sebagai penyanyi latar.

“Jadi, teman gua ngajakin gua, ‘Leh, gua mau bikin band. Lu jadi MC-nya ya’, ‘Ngapain?’, ‘Ya nanti lu ngomong aja’,” tutur Soleh Solihun.

“Jadi, pas giliran nyanyi, gua ke samping, jadi backing vocal. Tapi ya backing vocal ala kadarnya. Begitu band kelar nyanyi, gua ke depan lagi,” lanjutnya.

Soleh mengatakan, saat dirinya memulai stand up comedy, banyak orang yang mengenalnya sejak kuliah, tidak asing dengan candaannya di atas panggung. Dia justru menyebut sebagai personel yang paling terkenal.

“Jadi, kalau anak-anak kampus pas lihat gua stand up mah udah tahu yang gua lakuin dari dulu itu begitu. Jadi, kalau misalnya bawain lima lagu, gua tampil di opening buat manasin dan bikin orang ketawa dulu, habis itu baru nyanyi. Selesai nyanyi, gua ngomong lagi, bercanda-canda sama penonton,” ujar Soleh.

“Orang tuh tahunya malah gua, personel yang lain malah nggak dikenal,” imbuhnya.

Terkait alasan dirinya bisa tergabung di band, Soleh menyebut konsep bandnya itu memang untuk menghibur.

“Jadi, teman gua yang namanya Bayu, itu dia vokalisnya. Dia pengin buat band yang entertaining, karena dia serius orangnya,” pungkas Soleh Solihun.