Tolak Bermain untuk Yunani, Bek Liverpool Kostas Tsimikas Siap Lawan Man City

JAKARTA - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, tidak bisa bernapas lega. Bek Kostas Tsimikas menolak membela Yunani.

Malah, dia siap dimainkan saat Liverpool meladeni Manchester City pada big match Premier League Inggris di Stadion Etihad, Sabtu, 25 November 2023, pukul 18.30 WIB.

Tsimikas sempat melahirkan tanda tanya saat dirinya absen di laga terakhir Kualifikasi Euro 2024 melawan Perancis yang berakhir imbang 2-2.

Pasalnya, dia malah membela Yunani di laga uji coba melawan Finlandia. Pada laga itu, Yunani menang 2-0.

Namun, pada laga yang menentukan nasib Yunani apakah lolos secara otomatis ke Jerman atau tidak, Tsimikas malah absen. Liverpool sudah mulai waswas dirinya mengalami cedera saat melawan Finlandia.

Bila sampai absen karena cedera, Liverpool bakal kelimpungan. Pasalnya, Klopp sudah kehilangan bek Andrew Robertson yang cedera bahu dan harus menjalani operasi. Akibat cederanya, Robertson baru bisa kembali bermain pada putaran kedua kompetisi.

Tsimikas kemudian menjadi pilihan pertama Klopp untuk menggantikan Robertson. Sedangkan Joe Gomez menjadi pelapis dan Luke Chambers yang masih berusia 19 baru dimainkan dalam situasi darurat.

Namun, Tsimikas memberi penjelasan bila dirinya dalam kondisi fit. Bek berusia 27 ini absen melawan Perancis karena sudah dua kali mengantongi kartu kuning.

Bila kembali diberi kartu kuning saat menghadapi Les Bleus, dirinya malah absen di laga krusial playoff.

Yunani yang akhirnya menduduki peringkat tiga Grup B bakal melakoni playoff untuk mendapatkan tiket ke Jerman. Sementara itu, Belanda akhirnya mendampingi Perancis lolos secara otomatis.

"Saya tak perlu bermain melawan Perancis karena bila mengantongi kartu kuning lagi, saya bakal absen di pertandingan Maret 2024 (playoff). Laga ini jauh lebih penting ketimbang melawan Perancis," ujar Tsimikas.

"Saya juga memutuskan kembali lebih cepat karena kami akan bermain di siang hari (waktu setempat). Kadang ada pemain yang baru datang sehari atau dua hari sebelum pertandingan. Menurut saya lebih baik saya tiba lebih awal dan berlatih keras di klub," ucapnya.

Tsimikas akan cepat kembali ke klub. Kini, Liverpool masih menunggu kedatangan pemain dari Amerika Selatan.

Ada Luis Diaz (Kolombia), Darwin Nunez (Uruguay), Alexis Mac Allister (Argentina), dan kiper Alisson Becker (Brasil) yang memperkuat timnas masing-masing di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Conmebol.

Klopp berharap mereka cepat kembali karena disiapkan menghadapi Manchester City.

Laga besar di Etihad akan menentukan posisi kedua tim. Bila menang, Manchester City yang saat ini memiliki 28 poin kian kokoh di puncak klasemen.

Jika Liverpool menang, mereka dipastikan merebut posisi teratas. Pasalnya, Si Merah hanya terpaut satu poin.